Selasa, 19 Mei 2015

Satu hari di Hari Raya Idul Fitri


Satu hari di hari raya idulfitri, setelah bunyi ayam jantan berkokok, bangun pagi dan terus mandi, mandi yang bersih dengan sabun dan kasai langgir (tradisi adat Sambas), setelah itu memakai pakaian yang bersih, tidak perlu baru, bersih dan rapi serta wangi, kemudian pergi ke masjid, namun sebelumnya makan terlebih dahulu walaupun sedikit. Kemudian pergi ke masjid bersama keluarga. 

Setelah tiba di masjid, mengambil air wuduk, setelah itu sholat sunat dua rakaat (sholat tahyatul masjid). Setelah sholat sunat dua rakaat, duduk menunggu sholat sunat Idulfitri sambil mengumandangkan takbir, tahmid, bersama jamaah yang lainnya.

Waktu sholat telah tiba, para jamaah semuanya sholat. Setelah sholat mendengarkan khutbah Idul fitri, setelah selesai sholat jangan lupa berdo’a ucapkan puja puji syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan nikmatnya. 

Setelah semuanya selesai, salaman dengan orang tua, mula-mula ibu dulu, baru bapak, setelah itu abang, kakak, jika ada nenek dan kakek di rumah, nenek dulu baru kakek setelah orang tua kita, jika kakek tinggalnya jauh, setelah salaman dengan orang tua, kita menuju rumah kakek dan nenek untuk salaman, setelah itu main ke rumah sanak saudara yang lain, tetangga, dan handataulan. Jangan ketempat hiburan atau nonton artis-artis ya,,, hingga kita lupa dengan tetangga dan keluarga,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...