Minggu, 17 Mei 2015

Kultum "Mengintai Lailatul Qadar, di Malam Ganjil Bulan Ramadhan"



Lailatul Qadar hanya ada pada bulan Ramadhan, pada bulan lain ditahun hijriyah tidak didapatkan yang namanya malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar adalah malam seribu bulan, barang siapa yang beramal ibadah pada malam tersebut, maka pahalanya akan berlipat ganda banyaknya seperti seribu bulan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan*. (2) dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? (3) malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (5). malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.

Keterangan* Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran. Ayat Al-Quran yang pertama sekali diturunkan adalah surah Al-Alaq ayat 1-5 yang artinya “(1) bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, (2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. (3) Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, (4) yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam)*, (5) Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS. Al-Alaq: 1-5).
Keterangan* Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.

Namun malam lailatul qadar ini tidak diketahui kapan akan turunnya, sedangkan Rasulullah saja tidak dapat mengetahuinya. Akan tetapai Rasulullah mengatakan bahwa malam lailatul qadar akan turun pada malam ganjil-ganjil pada 10 malam terakhir, yaitu malam ke 21, 23, 25, 27, dan malam ke 29.

Apa yang harus kita lakukan pada malam 10 terakhir dalam mengintai atau mengintip malam Lailatul Qadar tersebut? Yang kita lakukan pada malam terakhir yaitu malam ke 21, 23, 25, 27, serta malam ke 29, adalah jangan tidur, zikir (istirfar, takbir, tahmid, tahlil), iktikap di masjid, sholat tahajud, sholat hajat, sholat tobat, dan membaca Al-Quran (mengaji). Dengan melakukan hal-hal sebagaimana yang telah disebutkan di atas, maka Insya Allah akan dapatlah kita berjumpa dengan malam Lailatul Qadar, maka keberkahan dan rahmat Allah akan tercurah kepada kita. Klik di sini “Bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar? Dan Apa yang harus dilakukan?”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...