Bulan Sya’ban adalah bulan mulia selain bulan Ramadhan, banyak orang-orang atau masyarakat di Indonesia yang melakukan sedekah nasi. Tapi mengapa bulan Sya’ban ini yang melakukan sedekah nasi, sedangkan pada bulan-bulan yang lain tidak? Misalnya seperti bulan Muharam, seperti bulan Safar, Syawal, atau Haji dan bulan hijriyah yang lainnya.

Banyak orang yang melakukan sedekah nasi pada bulan Sya’ban ini adalah bahwa pada bulan Sya’ban adalah bulan Ruwah atau bulan arwah, dan pada bulan ini pula banyak kejadian yang bersejarah yang diyakini oleh masyarakat. Sebenarnya acara makan Sya’ban ini adalah suatu budaya atau tradisi masyarakat setempat yang mendukungnya, padahal ketentuan secara hukum atau sunah dari Nabi Muhammad SAW, itu tidak ada sama sekali.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya Sya’ban,,,,

Berdasarkan judul di atas, mengapa pada bulan Sya’ban baru orang mau sedekah? Karena bulan ini adalah bulan mulia yang penuh berkah lebih dari bulan-bulan yang lain. Sedekah pada bulan apapun boleh, hari apapun boleh dan bagus-bagus juga, akan tetapi yang lebih bagus adalah bulan Sya’ban.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours