Jumat, 01 Mei 2015

Keistimewaan Bulan Ramadhan: KulTum Subuh Bulan Ramadhan Minggu Kesatu



Keistimewaan-Keistimewaan Bulan Ramadhan: KulTum Subuh Bulan Ramadhan Minggu Kesatu 
Seperti biasa ya, jika pembukaan itu, tidak perlu penulis goreskan lagi, sekarang langsung ke materi.

Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia.
Marilah kita selalu bertaqwa kepada Allah Swt. di dalam semua waktu kita dan senantiasa waspada diri terhadap Allah di dalam semua gerak dan diam kita. Ketahuilah, bahwa Allah swt. telah mengutamakan sebagian waktu melebihi yang lain dan menuliskan sebagian hari dan malam di atas hari dan malam yang lain dan menjadikannya sebagai dagangan yang menguntungkan bagi hambaNya yang mu’min.

Itulah bulan kita bulan Ramadhan, yang telah dimuliakan dan diutamakan olehNya. Di bulan inilah Al-Quran diturunkan dan pada bulan ini pula manusia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Allah menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai salah satu musim yang besar dalam pemberian kemaafan dan keampunan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i yang bersumber pada Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah saw. bersabda yang artinya “barang siapa puasa Ramadhan dengan iman dan niat karena Allah, maka dosa-dosanya yang telah lampau akan diampuni.”  

Pada bulan Ramadhan ini, sesungguhnya penuh dengan keistimewaan-keistimewaan yang kebanyakan diantara kita tidak mengetahuinya. Apasajakah keistimewaan-keistimewaan itu? Keistimewaan-keistimewaan itu diantaranya ialah:
  1. sesungguhnya Allah mewajibkan puasa adalah untuk mebersihkan jiwa dari sifat-sifat yang hina dan menghiasinya dengan sifat-sifat utama serta menjauhkannya dari setiap pekerti yang tercela atau kejahatan yang menyusahkan.
  2. sesungguhnya puasa adalah suatu kewajiban menurut hukum di mana Allah mewajibkannya atas umat Muhammad ini, sebagaimana diwajibkan atas umat-umat terdahulu. Kefardhuannya semata-mata untuk mewujudkan kemaslahatan kita (mereka) dan untuk mensucikan jiwa kita (mereka).    
  3. dengan puasa seorang Muslim akan dapat membiasakan dirinya bersabar dan berjuang melawan hawa nafsunya serta pengutamaan dan pertolongan. 
  4. dengan puasa seorang Muslim akan menghindarkan dirinya dari perbuatan yang menyerupai hewan, bahkan menyamakan dirinya dengan malaikat yang mulia, dimana ia dengan segala kemampuannya berusaha mengekang hawa nafsunya dari segala kelezatan dan kesukaan, karena mengutamakan taat kepada Tuhannya melaksanakan segala perintah-Nya dan cinta apa yang ada di sisiNya. 
  5. dengan puasa iman seorang Muslim akan bertambah kuat, dan dengan taqwa jiwanya akan menjadi semakin bersih, dengan sabar derajatnya akan menjadi luhur.
  6. pada bulan Ramadhan ini pula, pintu neraka ditutup erat-erat, sedangkan pintu sorga dibuka lebar-lebar. Dan pula pahala kita akan dilipatgandakan banyaknya, yang tidak sama dengan bulan-bulan hijriyah yang lainnya.

Saudara-saudara kaum Muslimin yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt. Itulah sebagian dari keistimewaan-keistimewaan bulan Ramadhan yang mulia, dimana Rasulullah saw. memberi kelonggaran kepada kita, karena cintanya kepada kita dan dorongan untuk mencari dan meraup pahala yang sebanyak-banyaknya.  

Keterangan: untuk kata penutup sesuai dengan apa yang diinginkan....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...