Mengenai judul di atas, beberapa yang lalu telah kami postingkan artikel yang berjudul klik di sini saja ya “Cabang-Cabang Iman” Kultum Subuh (Kuliah Subuh) Bulan Muharram Minggu KeTiga 1435 H/2013M”. Banyak sekali cabang dari iman tersebut jika kita teliti lebih lanjut, seperti di bawah ini.

Cabang iman yang berhubungan dengan lidah diantaranya ialah (1). melafazkan dua kalimasyahat, (2). membaca Al-Qurannur Karim, (3). mempelajari ilmu dan mengajarkannya, (4). berdo’a dan berzikir kepada Allah, (6). dan serta meninggalkan omongan-omongan yang tidak berguna.

Cabang iman yang berhubungan dengan tubuh ialah (1). menyucikan badan sesuai dengan selera dan hokum, (2). menjauhi segala apa yang najis, (3). menutup aurat, (4). melakukan sholat yang wajib maupun yang sunnah, (5). mengeluarkan zakat, (6). memberi makan kepada yang membutuhkannya, (7). menghormati tamu, (8). memerdekakan hamba-hamba sahaya dan budak-budak belian, (9). melakukan puasa yang wajib maupun yang sunnah, (10). melakukan haji dan umrah, (11). melakukan i’tikaf, (12). berhijrah dari tempat di mana Islam ditindas dan diperangi, (13). menepati janji dan apa yang dinazarkan, (14). berlaku hati-hati dalam sumpah, (15). membayar fidyah dan kaffarrah yang semestinya, (16). Memurnikan diri dengan berkawin (karena untuk menjauhi perbuatan maksiat = zina), (17). Memenuhi kewajiban terhadap orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya, (18). Berbaikti kepada kedua orang tua (ayah dan ibu), (19). Melakukan permintaan dengan adil, (20). Taat kepada para penguasa (Ulil Amri), (21). Berlaku sebagai juru damai bagi orang-orang yang bermusuhan, (22). Memerangi orang-orang yang dzalim dan para pembelot (penghianat) dari agama, (23). Melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, (24). Berjihad di jalan Allah, (25). Menghormati tetangga, dan berlaku sopan santun (26). Berusaha mencari rezeki yang halal serta menafkahkannya pada tempatnya, (27). Meninggalkan hidup boros dan mubazir, (28). Membalas salam orang yang memberi salam kepadanya, (29). Menjauhkan diri dari perlakuan yang mengganggu orang lain, (30). Menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak berguna, (31). Menyambut orang yang bersin dengan ucapan “Alhamdulillah, Yahdikumullah, Yarhamukallah”, (32). Melakukan atau menghilangkan gangguan-gangguan dan rintangan-rintangan dari jalan yang dilalui oleh orang banyak.

Inilah iman yang benar yang mencakup bagian dari aqidah, bagian ibadah, dan bagian dari akhlaq dan tatakrama yang harus mendasari cara hubungan manusia dengan sesamanya.
  
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours