Beberapa bulan yang lalu, kita telah melaksanakan hari raya Idul Fitri, kemudian di susul dengan hari raya Idul Adha, sekarang sebentar lagi kita akan



Setahun 3 Kali Lebaran atau 3 Kali Raya
Hari Raya 1 Muharram
Beberapa bulan yang lalu, kita telah melaksanakan hari raya Idul Fitri, kemudian di susul dengan hari raya Idul Adha, sekarang sebentar lagi kita akan memperingati 1 Muharram ..... Hijriah. Satu (1) Muharram adalah tahun baru Hijriah atau tahun baru bagi Umat Islam. Akan tetapi pelaksanaannya tidak dirayakan seperti tahun baru Masehi. Bagi yang memperingatinya, Muharram ini adalah hari raya ketiga selain dari hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Jika di Kabupaten Sambas, di beberapa desa, ada yang merayakan tahun baru hijriah ini. Sebagaimana yang penulis ketahui adalah: 

  1. Desa Pusaka Kecamatan Tebas.
  2. Desa Sei Kelambu Kecamatan Tebas.
  3. Desa Serindang Kecamatan Tebas.
  4. Desa Tekarang Kecamatan Tekarang.
  5. Desa Sentebang Kecamatan Jawai.
  6. Desa Sarang Burung Kecamatan Jawai.
  7. Desa Nagor Kecamatan Sambas.
  8. Desa Sungai Baru Kecamatan Teluk Keramat.
  9. Desa Sebelitak Kecamatan Teluk Keramat.
  10. Desa Sengawang Kecamatan Teluk Keramat.
  11. dan lain-lainnya.

Muharram adalah hari tahun baru umat Islam, mari kita introspeksi dengan sikap diri kita di tahun yang lalu. Mari kita perbaiki, kesalahan dan khilap kita, agar kehidupan kita semakin baik. Agar nantinya kita dapat merayakan kembali tahun baru yang akan datang. Bukan hanya tahun baru Masehi saja yang harus kita peringati, sedangkan tahun baru hijriah kita abaikan.

Anda ingin mengetahui lebih lanjut klik di sini ya “Pantangan pada bulan Muharram tahun baru Hijriah”
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours