Rabu, 30 September 2015

“Memperingati Tahun Baru Hijriyah” Kultum Subuh Bulan Muharram Minggu KeSatu



Sugianto, S.Pd.I
Para Jama’ah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt., bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, baik disaat kalian sedang bersembunyi seorang diri ataupun sedang berada bersama-sama orang lain.

Sekarang kita memasuki bulan Muharram, yang berarti kita meninggalkan tahun-tahun yang telah lalu, dan kita melangkah ke tahun baru yakni tahun 1435 Hijriyah. Di dalam tahun baru ini, kita semua harus senantiasa berusaha meningkatkan pengabdian kita kepada Allah Ta’ala. Kalau di tahun-tahun yang lalu kita masih sering melakukan berbagai kekurangan, maka marilah kita kejar kekurangan-kekurangan itu dengan memperbaiki diri menuju kesempurnaan. Jika di masa-masa lalu masih banyak berbagai kemaksiatan-kemaksiatan itu dengan semangat memperbanyak amal saleh.

Ingatlah bahwa Allah swt. tidak menjadikan kehidupan di dunia ini abadi, sebagaimana firman Allah di dalam Al-Quran yang artinya “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kau mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya’: 34-35).

Sedangkan di dalam Surah lain Allah swt. berfirman yang artinya “Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat pula memajukannya.” (QS. Al-A’raf: 34).

Dengan dua ayat tersebut, kita dapat memaklumi bahwa umur kita masing-masing telah ditentukan ajalnya. Ini berarti kita bukanlah semakin bertambah, akan tetapi sebaliknya dari tahun berganti tahun justru umur kita semakin kurang. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, dalam rangka memperingati 1 Muharram tahun baru Hijriyah, mulai hari ini atau esok hari, perbaikilah diri kita, dari yang jelek menjadi baik, dari yang hina menjadi mulia, dari yang miskin menjadi kaya, dari yang susah menjadi senang, dari yang sendiri menjadi berdua, dari yang tidak ada menjadi ada. Mohon ampunlah kepada Allah agar kesalahan dan dosa kita diampunka-Nya. Dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang bertaqwa dan akan masuk ke dalam sorga-Nya. Amin ya Rabbal Alamin.

Maaf atas ketidak nyamanan anda dalam menikmati setiap informasi yang kami sajikan di Cakrawawasan.Com. Perlu kami informasikan bahwa setiap artikel yang ada di Cakrawawasan.Com, anda tidak dapat melakukan klik kanan dan mendownload laman ini secara utuh. Hal ini kami lakukan karena setiap artikel yang kami terbitkan akan di copy atau dibajak oleh Beritagoogle.Com. Terima kasih....
Artikel ini bersumber dari cakrawawasan.com, silakan kunjungi website tersebut. Terima kasih..... Insya Allah akan kami posting esok atau lusa...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...