Jumat, 01 Mei 2015

Keutamaan Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran "Kultum Subuh Bulan Ramadhan Minggu Keempat"



Bismillahi rohmanirrohim, assalamulaikum warahmatullahi wabarkatuh, bapak-bapak, ibu-ibu, para jamaah sholat subuh yang dirahmati oleh Allah swt. serta sanak saudara yang berbahagia. Sebelumnya marilah kita mengucapkan rasa syukur kita kehadirat Allah swt. yang mana kita dapat berkumpul di masjid Jami’ yang kita cintai ini.

Para jama’ah yang berbahagia dan dirahmati Allah, ketahuilah bahwasanya membaca Al-Quran adalah termasuk amalan-amalan ketaatan yang paling luhur dan amalan-amalan pendekatan kepada Tuhan yang paling diutama, khususnya dibulan yang paling mulia ini. Bulan mana di dalamnya diturunkan Al-Quran? Tiada lain adalah bulan Ramadhan, karena bulan ini mempunyai keistimewaan yang melebihi bulan-bulan yang lainnya, baik dari segi waktu ataupun bulanya itu sendiri.

Malaikat Jibril datang setiap tahun kepada Rasulullah saw. dan bertadarus Al-Quran bersama beliau pada bulan Ramadhan. Dan ditahun terakhir dari usia beliau Malaikat Jibril membacakan Al-Quran kepada beliau sampai dua kali. Rasululah saw. sendiri mendorong kepada sahabat-sahabatnya agar mereka gemar membaca Al-Quran, di samping itu beliau menjelaskan keutamaan kegemaran membaca Al-Qur’an kepada mereka.

Para jamaah yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. Apakah keutamaan membaca Al-Qur’an dan mengamalkan Al-Qur’an itu? Keutamaannya adalah sebagai berikut:
  1. Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebagusan, sedang satu kebagusan akan berlipat ganda sampai sepuluh kali.
  2. Rumah-rumah yang dibaca ayat-ayat Al-Qur’an, maka mereka akan mendapatkan ketenangan, kerukunan dalam keluarga, dan rahmat pun akan menyelimuti mereka, serta malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebutkan mereka kepada malaikat yang ada di sisinya.  
  3. Apabila kita berdo’a kepada Allah dengan perantara membaca ayat suci Al-Quran, maka do’a kita semua akan diijabah oleh Allah swt. (amin).
  4. Keutamaan al-Quran (kalamulah) adalah di atas segala (semua) kalam.
Parajamaah yang budiman dan berbahagia. Itulah empat dari Keutamaan Membaca dan Megamalkan Al-Qur’an. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...