Rabu, 29 April 2015

Tanda-Tanda Orang Munafik: Kultum Subuh Bulan Syawal Minggu Ke 4



Para Jama’ah sholat subuh yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan tanda-tanda orang munafiq. Namun sebelumnya, yang dinamakan orang munafiq adalah orang yang berpura-pura menanamkan rasa Islamnya dengan mengucapkan dua kalimahsyahadat, mengerjakan sholat, zakat dan lain sebagainya, semua itu hanya sebagai kedok belaka. Hal ini didasarkan firman Allah swt. di dalam Al-Quran yang artinya “di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian*," pada hal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Baqarah: 8).

Keterangan* Hari kemudian Ialah: mulai dari waktu mahluk dikumpulkan di padang mahsyar sampai waktu yang tak ada batasnya.

Para jamaah sholat subuh yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. tahukah para jamaah sebab-sebab orang menjadi munafiq? Adapun sebab-sebab orang atau seseorang menjadi orang munafiq banyak sekali yang dikhabarkan di dalam Al-Quran maupun hadits Nabi Muhammad saw. dua diantaranya ialah (setelah diambil dari beberapa ayat dan disimpulkan):

  1. sebab didorong adanya keinginan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Misalnya anak-anak muda sekarang, banyak yang terpengaruh oleh lingkungan akhirnya melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama. Contohnya mabuk, judi, narkoba, pelecehan seksual, dan banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.

  1. sebab adanya rasa dendam terhadap kaum muslimin, lalu ia menyamar menjadi muslim, guna mencari kesempatan untuk merong-rong Islam dan umatnya dari dalam.
Orang-orang kafir pura-pura masuk Islam, mempelajari agama Islam, padahal ingin mencari kelemahan agama islam. Andai ia tahu bahwa agama islam itu kuat dan kokoh, sekokoh akar bahar yang ada disamudra atlantik. Setelah mereka mendalami agama Islam, dan ilmu mereka semakin banyak, maka ia (mereka) akan mersakkan agama kita yaitu ISLAM.

Para jamaah sholat subuh yang berbahagia, ada tiga ciri dari orang menafik itu, yaitu:
1.      jika ia berjanji, maka ia akan mengingkarinya.
2.      jika ia berkata, maka perkataannya itu dusta.
3.      jika ia dipercaya, maka ia berkhianat.

Sebagaimana sabda Rasululllah saw., yang artinya “Barang siapa yang di dalam dirinya terdapat empat hal, maka ia orang munafiq yang murni. Barang siapa yang di dalam dirinya terdapat salah satu dari padanya maka di dalam dirinya terdapat pekerti munafiq, sehingga ia meninggalkannya, yaitu apabila ia dipercaya maka ia mengkhianatinya, apabila ia berkata maka ia sudah berdusta, apabila orang munafiq tersebut berjanji maka ia mengingkarinya.”

Selamat mencoba, jika kurang tolong hubungi kami........... terima kasih...............
Saudara-saudara sekalian yang berbahagia dan dirahmati Allah swt.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...