Rabu, 29 April 2015

Anjuran Meninggalkan Maksiat: Kultum Subuh Bulan Syawal Minggu Ketiga



Saudara-saudara para jama’ah sholat subuh yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. Imam Ghazali menegaskan dalam kitabnya, ia mengatakan “ketahuilah bahwa agama Islam itu berisi dua hal, petama adalah meninggalkan larangan-larangan Allah, dan yang kedua adalah menunaikan perintah-perintahNya. Dari dua hal ini yang paling berat adalah meninggalkan larangan-larangan Allah, sebab tidak ada yang mampu meninggalkan larangan-larangan Allah kecuali orang-orang berpredikat shiddiqin.

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. Kita manusia dianugrahkan dengan akal dan nafsu serta panca indra, yang kesemua itu dapat membawa kepada kemaksiatan. Misalnya mata, mata selalu melihat yang tidak-tidak (aurat, atau film porno), telinga selalu mendengar yang jelek-jelek (gosip-gosip, fitnah,dan lain-lain), kaki selalu ketempat-tempat diskotic, cafe dan lain-lain, tangan selalu mencuri dan lain-lainnya. Hati selalu shu-uzon dengan orang lain, iri dan dengki, dan lain-lainnya, otak selalu merencanakan hal-hal yang jelek.

Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa jika kita melakukan maksiat, maka sesungguhnya yang menjadi sasarannya adalah anggota badan kita sendiri. Padahal jika kita ketahui bahwa anggota badan kita itu adalah suatu nikmat dari Allah swt. yang telah dianugrahkan oleh Allah kepada kita semua. Apa yang telah dianugrahkan oleh Allah tersebut sekaligus menjadi amanah yang harus kita bertanggungjawabkan kelak dihadapan Allah swt. maka dari itu janganlah kita selalu berbuat maksiat. Karena jika kita melakukan kemaksiatan, maka kita akan mendapatkan hukuman dari Allah swt., dan kita akan terjerums ke dalam neraka.

Para jamaah yang berbahagia, sesunguhnya seluruh anggota badan jasmani kita ini, merupakan pemeliharaan-pemeliharaan yang berada di bawah tanggungjawab kita. Kita diamanahkan untuk menjaga tubuh ini (jasmani) ini sejak dari kecil (baliqh) hingga kita pergi meninggalkan dunia mayapada ini. Maka dari itu, janganlah sekali-kali kita berbuat maksiat, dan jika sudah ada diantara kita yang terlanjur melakukan kemaksiatan, maka cepat-cepatlah kembali kepangkal jalan, memohon ampunan Tuhan Yang Maha Esa, Insya Allah Allah swt. akan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan kita semuanya. Mulai sekarang selagi kita masih diberi waktu, perbaiki diri dan bertobatlah, agar kita semua masuk .................. sorga ............... amin ya rabbal aalamin... wasalamulaikum warah matullahi wabar katuhhhhhhhhhhhhhhhhhh.......................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...