Kamis, 30 April 2015

“Hak-Hak Tetangga” Kultum Subuh Bulan Shafar Minggu KeDua



Para Jama’ah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt., bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, baik disaat kalian sedang bersembunyi seorang diri ataupun sedang berada bersama-sama orang lain.

Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia.
Ketahuilah, bahwa Allah telah mengikat pertalian antara kita dengan agama Islam, sehingga seolah-olah kaum Muslimin berada di dalam satu keluarga yang satu sama lainnya saling menunjang dalam setiap hal yang di dalamnya terkandung kebaikan dan kemenangan dalam persaudaraan sempurna yang diliputi kasih sayang. Diantaranya ialah hak-hak tetangga yang sangat diperhatikan oleh agama kita, agama yang penuh dengan toleransi dan keberkatan, yang memberi bimbingan dan menganjurkan agar hak-hak tersebut dijaga dengan penuh perhatian dan dipraktekkan secara benar. Dengan demikian, pertalian antar sesama Muslim semakin bertambah kokoh dan kuat, sehingga dari sini bisa terbentuk benteng kokoh yang mampu mengusir gangguan musuh.

Allah swt. menjadikan hak-hak bagi tetangga, yang apabila kaum Muslimin mau memperhatikan, niscaya akan mengetahui bahwa di dalam agamanya terkandung setiap kebaikan. Allah swt. sangat memperhatikan masalah hak tetangga, sehingga menjadikannya di atassegalanya. Allah swt. telah menjadikan hak-hak bagi tetangga, yang apabila setiap individu melakukannya terhadap tetangganya, niscaya persaudaraan Islam akan benar-benar kuat, saling hormat-menghormati dan bersih hatinya. Kitab Al-Quran menjelaskan yang artinya “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisaa: 36).

Ayat di atas menjelaskan tentang hak-hak tetangga yang wajib dipelihara dengan cermat dan ditunaikan dengan tulus ikhlas karena Allah semata. Allah swt. memerintahkan kita agar berbuat baik kepada para tetangga, baik itu tetangga dekat ataupun tetangga yang jauh. Diantara sikap baik terhadap mereka adalah, menutup aurat mereka, membantu mereka dalam melakukan kebajikan dan membimbing mereka ke jalan yang hak (baik) dan benar. Mempererat hubungan dan mendamaikan mereka, mendahulukan salam kepada mereka, menampakkan rasa simpati kepada mereka, dan memberi maaf kepada orang yang berbuat jahat dari kalangan mereka. Semua itu dan masih banyak lagi yang lainnya, semuanya itu adalah hak-hak tetangga yang harus diketahui oleh setiap Muslim.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...