Kota Singkawang terkenal dengan nama kota Amoy dan Kota Seribu Kuil. Kota Singkwang tidak sama seperti dulu lagi, kini Kota


Gunung Kaba
Kota Singkawang terkenal dengan nama kota Amoy dan Kota Seribu Kuil. Kota Singkwang tidak sama seperti dulu lagi, kini Kota Singkawang sudah dikenal diseluruh Indonesia dan manca negara. Kini Kota Singkawang mulai membangun dan mempromosikan diri ke seluruh Indonesia dan luar negeri. Pembangunan di mana-mana, hotel, pertamina, ruko, penginapan, minimarket, supermarket, kos-an, losmen, restauran, pasar, BTN, dan banyak lagi yang lainnya. Begitu juga dengan tempat-tempat rekreasi, tempat-tempat rekreasi ditata dengan rapi agar setiap pengunjung kerasan dan ingin datang lagi ke Kota Singkawang. 



Begitu banyaknya tempat rekreasi di Kota Singkawang, menjadikan Kota Singkawang terkenal kepolosok negeri, misalnya Sinka Island, Simping Island, Batu Burung, Danau Biru, Pasir Panjang, Teluk Mak Jantu (Mak Janda Tua), Taman Teratai, Bukit Bogenvil, Eria, dan banyak lagi yang lainnya. Namun, apakah masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya pernah mendengar Gunung Kaba’? Gunung Kaba’ terletak di Kelurahan Naram Hulu, Kecamatan Singkawang Utara. Diperkirakan dari pusat Kota Singkawang sekitar 15 km. Jika dari pusat Kecamatan Singkawang Utara hanya sekitar 3 km. 
Gunung Kaba’ tidak terkenal sama sekali seperti Gunung Sari dan Gunung Poteng yang ada di Singkawang Selatan dan Singkawang Tengah. Gunung Kaba’ hanya diketahui oleh penduduk sekitar Kelurahan Sei Bulan,  Kelurahan Sei Garam dan Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, dan Kelurahan Bukit Batu, Kecamatan Singkawang Tengah.

Gunung Kaba’ dikelilingi oleh lahan persawahan yang menghijau dan perkebunan dipesisir Kota Singkawang Utara. Disebut dengan Gunung Kaba’ adalah karena Gunung Kaba’ ini tidak setinggi gunung yang lainnya. Menurut cerita penduduk setempat Gunung Kaba’ ini adalah gunung yang tidak jadi untuk menjadi gunung karena bersaing dengan Gunung Jempol di Roban Singkawang Tengah. Gunung Kaba’ memiliki keindahan yang tersendiri dibalik Seribu Kuil Kota Singkawang. Dengan ciri khas Gunung Kaba’ hanya dapat dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk main-main ke Gunung kaba’ tersebut. Misalnya memancing dan menembak tupai serta mencari burung-burung. 

 
Share To:

Basendra Samsul

Post A Comment:

0 comments so far,add yours