Do’a adalah senjatanya umat muslim (Islam), karena do’a adalah dialognya makhluk dengan Sang Khalik. Apakah ada manusia di dunia ini yang tidak pernah berdo’a kepada Sang Pencipta (Tuhan)?. Manusia tidak bias berdaya tanpa adanya Tuhan yang selalu mengawasinya setiap saat. Maka dari itu, pada malam bulan suci yang penuh berkah dan rahmat ini, berdo’alah, mintalah kepada Allah (Tuhan) sebanyak-banyaknya, sesuai dengan kemampuan kita.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa do’a yang harus dibaca pada malam bulan Ramadhan, yang sering penulis lakukan, diantaranya:

1.      “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” dibaca tujuh kali.
2.      “ilahi anta maksudi, waridokal ma’lubi, atini mahabbatika, ma’rifatika ya Allah…. Ya Allah… ya Allah” (baca kata “Ya Allah” sebanyak-banyanya/semampunya).
3.      “alamnasroh lakasodrok, wawado’na ‘angkawidro’, allazi ang-qodozohro’, warofa’na lakazi’ro’, fain-nama’al ‘usriyusro, inna ma’al ‘usriyusro, faiza farortafanshob, waila robbika far-rob”.

Sesungguhnya selain tiga do’a di atas, banyak lagi do’a-do’a yang dibaca pada bulan Ramadhan, diantaranya ialah doa melihat hilal (bulan sabit), istighfar dan doa di waktu sahur, doa berbuka puasa, doa sebelum makan atau berbuka, doa sesudah makan atau berbuka, doa tamu kepada orang yang menghidangkan makanan atau minuman, doa orang yang berpuasa apabla diajak makan, doa apabila berbuka di rumah orang, doa pergi ke masjid, doa masuk ke masjid, doa keluar dari masjid, doa qunut witir, doa yang dibaca pada malam lailatul qadar, dan banyak lagi yang lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Bacalah doa ini pada malam hari pada waktu selesai sholat atau pada waktu mau tidur. Jika do’a nomor dua, bacalah pada saat memulai ingin sholat sebelum membaca niat sholat. Contoh “ilahi anta maksudi, waridokal ma’lubi, atini mahabbatika, ma’rifatika ya Allah…. Ya Allah… ya Allah” lalu baca niat sholat “usholli fardol zuhri arba’a rakaatin lillahi ta’ala”. Jika mau tidur (baca kata “Ya Allah” sebanyak-banyanya atau semampunya).


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours