Kamis, 09 Juli 2015

Cara merebus ketela pohon Yang Unik



Cara merebus ketela pohon Yang Unik
Ketela Rebus
Ketela pohon adalah sejenis tanaman yang dapat tumbuh di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Biasanya ketela pohon sering ditanam oleh penduduk disekitar persawahan atau diperkebunan. Dan terkadang masyarakat menanam ketela pohon disekitar pekarangan rumah, baik di samping ataupun di belakang rumah. Ketela pohon sering digunakan untuk membuat tapai, kerupuk, kue, kek, dibuat tepung yang disebut dengan nama tepung tapioca, dan banyak lagi kegunaa dari ketela pohon tersebut.
                                            
Dengan banyaknya kegunaan dari ketela pohon tersebut, lalu bagaimana cara merebus ketela pohon? Cara merebus ketela pohon adalah sebagai berikut:

  1. pertama sekali adalah dengan mengupas bersih ketela pohon tersebut dengan menggunakan pisau yang tajam. Namun hati-hati jangan sampai anda terluka.
  2. setelah dikupas dengan bersih, maka cucilah ketela pohon tersebut dengan air yang bersih dua kali cuci, dan bila perlu tiga kali bilas.
  3. setelah di bilas, masukkan ketela pohon tersebut ke dalam wajan atau pun panci. Berilah air wajan atau panci tersebut secukupnya sebatas ketela pohon yang ada di dalam wajan atau panci.
  4. setelah ketela pohon dimasukkan ke dalam panci, maka ketela pohon tersebut sudah siap untuk direbus.
  5. setelah ketela pohon tersebut direbus, dan ketela pohon sudah di atas tunggu, maka berilah rebusan ketela pohon tersebut dengan garam beriodium secukupnya.
  6. setelah ketela pohon mendidih, maka rasalah air rebusan ketela pohon tersebut, apakah rasanya asin atau tawar, ataupula sesuai dengan rasa dilidah kita (sedang sesuai selera). Jika rasanya masih tawar, maka dapat menambahkan garam secukupnya. Dan jka ke asinan maka dapat menambahkan gula secukupnya.
  7. dan setelah ketela pohonnya sudah mulai pecah-pecah, menandakan ketela pohonnya sudah matang (masak), maka angkatlah ketela pohon tersebut, kemudian ditiriskan.
  8. setelah ditiriskan ketela pohon siap untuk disajikan.

Itulah delapan cara untuk merebus ketela pohon pada kompor gas dan api pada tungku yang menggunakan kayu bakar. Rasa rebusan ketela pohon yang menggnakan tungku dan kompor gas sangat jauh berbeda. Rasanya yang enak adalah dengan menggunakan kayu bakar. Selamat mencoba, jika kurang jelas, hubungi kami........ terima kasih.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...