Kabupaten Sambas terkenal dengan nama Bumi Terigas dan Serambi Mekah. Selain itu, masyarakat Kabupaten Sambas juga terkenal



Silabus dan Buku Mulok Adat Dan Tradisi Kabupaten Sambas
Karya: Sugianto, S.Pd.I
Kabupaten Sambas terkenal dengan nama Bumi Terigas dan Serambi Mekah. Selain itu, masyarakat Kabupaten Sambas juga terkenal dengan sopan-santunya serta tatakramanya yang baik dan luhur. Di Kabupatenm Sambas masih mengsakralkan Istana Kesultanan dan Makam-makam Kesultanan Sambas.  Meskipun demikian tidak banyak pula khazanah Sambas yang hilang ditelan kemajuan zaman, begutu juga dengan adat dan tradisi serta permainan daerah. Adat di Kabupaten Sambas saat ini sudah jarang sekali digunakan atau dipakai oleh masyarakat secara umum, dan pula banyak diantara anak-anak didik baik dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas, dan mungkin Mahasiswa tidak mengetahui tentang adat dan tradisi para leluhur secara menyeluruh.

Dengan melihat keadaan seperti itu, maka seorang penulis gadungan (Sugianto, S.Pd.I) mencoba untuk membuat atau mengarang buku Mulok (muatan lokal) mengenai Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas untuk anak Sekolah Dasar (SD) tahun Pelajaran 2013-2014. setelah beberapa bulan sejak tanggal 29 April 2012 buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas digarap di Singkawang selama 6 bulan, maka terciptalah buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dari Kelas I hingga kelas VI, beserta tiga buku referensi yaitu Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Sambas I dan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Sambas II, Pepatah Melayu Sambas (Nahari, S.Pd.SD), serta Silabus Mulok-nya.

Kesemua buku-buku tersebut dicetak dan diterbitkan oleh CV. Contras Singkawang tahun 2012. kesemua buku tersebut siap diedarkan keseluruh sekolah di Kabupaten Sambas. Akan tetapi pelaksanaannya tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk mempublikasikannya kepada dunia pendidikan harus melalui beberapa proses, diantaranya:
  1. harus ada kata Sambutan Bupati Sambas.
  2. harus ada kata SK dari Bupati Sambas.
  3. harus ada kata Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas.
  4. harus ada kata Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sambas.
  5. harus ada Tim Kajian Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dari Kelas I hingga kelas VI, beserta tiga buku referensinya (Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Sambas I dan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Sambas II, Pepatah Melayu Sambas  serta Silabus Mulok-nya. Lihat buku di bawah ini).

Jika kesemuanya sudah dilakukan baru Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dapat dipublikasikan (diedarkan) serta digunakan untuk bahan pelajaran tahun 2013-2014. sebenarnya penulis tidak tinggal diam, ia sudah mengusahakan syarat-syarat di atas, dan semuanya sudah terlaksana, kecuali SK dari Bupati Sambas. Sedangkan Tim Kajian Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dilakukan oleh Pengawas dan Guru sebanyak 18 orang yang diwakili oleh 6 Kecamatan diantaranya Kecamatan Tebas, Kecamatan Semparuk, Kecamatan Pemangkat, Kecamatan Selakau, Kecamatan Sambas, dan Kecamatan Sebawi. Sebagai Penanggungjawab dalam Tim Kajian Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas tersebut adalah H. Guntur selaku Ketua KPPS Kabupaten Sambas. 
Dengan ini, penulis mengharapkan Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dapat segera dipublikasikan ke seluruh sekolah dasar di Kabupaten Sambas untuk tahun pelajaran 2013-2014. dengan ini pula kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Sambas dan dunia Pendidikn untuk mendukung Buku Mulok Adat dan Tradisi Kabupaten Sambas dapat segera dilouncingkan (digunakan) pada Sekolah Dasar (SD).

“kata dari penulis” Mohon dukungan Anda untuk menglike artikel ini sebagai bukti dukungan Anda terhadap khazanah Kabupaten Sambas yang mulai hilang ditelan waktu, serta berikan comen Anda yang sifatnya membangun demi pendidikan Sambas yang bermutu kedepannya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.... wasalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh................................









Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours