Senin, 20 April 2015

Asal-Usul Malaikat



Malaikat diciptakan oleh Allah Swt dengan mengemban tugas yang sesuai dengan porsinya. Bagi umat Islam mempercayai malaikat adalah termasuk dalam rukum iman yang kedua, dan yang wajib diyakini sebanyak 10 malaikat. Seperti (1). Jibril, (2). Mikail, (3). Isrofil, (4). Izroil, (5). Malik, (6). Mungkar, (7). Nakir, (8). Raqib dan (9). Atid, serta (10). Ridwan. Sedangkan tugas-tugas mereka adalah menyampaikan wahyu tugas malaikat Jibril, membagikan rezki tugas malaikat Mikail, meniup sangkakala tugas dari malaikat Isrifil, mencabaut nyawa tugas dari malaikat Izroil, menjaga neraka tugas dari malaikat Malik, menjaga kubur-memberikan beberapa pertanyaan kepada yang meninggal serta memberikan azab kubur adalah tugas dari malaikat Mungkar-Nangkir, mencatat amal baik dan buruk adalah tugas malaikat Raqib-Atit, dan yang terakhir menjaga sorga adalah tugas dari malaikat Ridwan. 

Setelah kita mengetahui tentang tugas dan nama malaikat, lalu timbul pertanyaan bagaimana dengan asal-usul dari malaikat tersebut? Asal-usul dari Malaikat tersebut adalah dari pada cahaya. Allah Swt. telah menciptakan para malaikat dari cahaya. Jadi malaikatpun tergolong makhluk ghaib seperti jin dan setan (iblis).

Bersumber dari Anas yang meriwayatkan bahwa Yahudi Khaibar menghadap kepada Nabi saw. dan berkata: "Hai Abal Qasim! Allah menjadikan malaikat dari cahaya hijab, Adam dari tanah hitam, Iblis dari api yang menjulang, langit dari asap, dan bumi dari buih air. Cobalah terangkan kepada kami tentang Tuhanmu." Rasulullah saw tidak menjawab, sehingga turunlah Jibril membawa wahyu surat (S.112:1-4) yang melukiskan sifat Allah.

Itulah asal-usul dari malaikat. Bahwa sesungguhnya malaikat itu dari pada cahaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...