Pada bulan yang mulia ini, kaum muslimin di seluruh dunia melaksanakan rukun Islam yang ke tiga, yaitu ibadah puasa. Pada bulan yang penuh berkah ini, semua orang beriman dipanggil oleh Allah SWT untuk melaksanakan perintahnya. Allah SWT dalam hal ibadah puasa ini tidak menyeru kepada seluruh umat Islam, melainkan Allah SWT menyeru kepada orang-orang muslim (Islam) yang beriman.

Sebelum melaksanakan ibadah puasa pada siang harinya, umat Islam harus makan sahur terlebih dahulu. Makan sahur hukumnya sunah. Jika dilaksanakan mendapat pahala, jika tidak dilakukan tidak berdosa. Lalu timbul pertanyaan, “apa sahur itu?” sahur itu adalah makan yang dilakukan atau dilaksanakan pada waktu dini hari hingga waktu imsak tiba atau waktu azan sholat subuh, untuk melaksanakan ibadah puasa, baik puasa sunat atau puasa wajib, serta puasa fidyah (puasa bayar hutang).

Untuk menu makan sahur tidak perlu yang mewah-mewah dan mahal. Cukup saja dengan makanan yang sederhana misalnya nasi putih, ikan asin, sayur sawi atau kacang panjang, serta tempe, dan air putih. Manfaat dari makan sahur ini adalah untuk menambah tenaga pada keesokan harinya agar tubuh tidak lemah atau letih. Sebagai tambahan minum sesendok madu atau minum obat promag agar tidak mual.

Makan sahur yang paling bagus adalah pada pukul 03.30, karena waktu tersebut mendekati waktu sholat subuh. Setelah selesai makan sahur, untuk menunggu waktu sholat subuh tidak terlalu lama. Jika makan sahur pada pukul 02.00 dini hari, selesai makannya pukul 02.30, dan setelah itu pasti “tidur”. Terkadang karena tidurnya nyenyak dan pulas karena mimpi dan udara yang dingin, hingga sholat subuh terlewatkan.

Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa makan sahur hendaknya makanan yang penuh gizi, tidak semestinya mahal, makan sahur hendaknya pukul 03.30 yang mendekati waktu sholat subuh, agar sholat subuh tidak terlewatkan. Dengan itu bertambahlah amal ibadah kita kepada Allah SWT, dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang beriman, dan semoga amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT. Amin........................
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours