Sya’ban adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin selain bulan Ramadhan dan Syawal, karena bulan Sya’ban ini adalah pintu


Ziarah Kubur Tradisi Bulan Sya’ban Di Tanah Sambas
Ziarah Kubur
sumber foto : www.almakassari.org
Sya’ban adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin selain bulan Ramadhan dan Syawal, karena bulan Sya’ban ini adalah pintu gerbang memasuki bulan yang paling mulia, yaitu bulan Ramadhan atau bulan puasa. Pada bulan Sya’ban ini banyak orang-orang yang melakukan sedekah nasi atau ngeluarkan Sya’ban serta ziarah ke kubur.

Di Indonesia pada bulan Sya’ban ini ziarah kubur sudah mentradisi, begitu juga dengan di bumi Terigas Kabupaten Sambas. Para penziarah adalah sanak saudara yang datang dari jauh atau penduduk setempat. Sebelum mereka berziarah ke kubur, mereka menyiapkan segala sesuatunya yang harus dibawa ke kubur. Biasanya yang mereka bawa adalah daun pandan yang dihiris-hiris rencong dan air. Tradisi ziarah kubur di Kabupaten Sambas disebut dengan nguccur. Nguccur adalah suatu ritual menaburkan bunga daun pandan yang diiris rencong dan air yang disiramkan ke kuburan di mana saudara atau orang tua yang dimakamkan.

Pada saat nguccur ini, biasanya dari ahli waris atau keluarga yang masih hidup membawa  seorang tokoh agama atau Pak Lebai untuk membava do’a dan Surah Yasin yang difudiahkan (dihadiahkan pahala do’a atau Yasinan yang dibaca) kepada yang meninggal tersebut.

Jauh-jauh hari sebelum bulan Sya’ban atau pada bulan Rajab, masyarakat di Kabupaten Sambas mengadakan bakti sosial untuk membersihkan makam atau kuburan dari semak belukar atau rerumputan, sebagaimana yang dilaksanakan pada Taman Makam Pahlawan Kabupaten Sambas yang terletak di Desa Sungai Pinang. Dengan keadaan kuburan yang bersih dari rerumputan, para penziarah dapat dengan tenang untuk melakukan ritual do’a dan nguccur makam keluarga atau orang tua mereka yang telah meninggal.

Pada bulan Sya’ban ini, kuburan tidak lagi terlihat angker atau menakutkan para pengunjung atau penduduk setempat. Karena di kuburan banyak sekali orang-orang yang ziarah dari berbagai desa. Misalnya, makam atau kuburan tua yang ada di Desa Pusaka Kecamatan Tebas yang terkenal dengan keangkerannya, kini tidak lagi terlihat kenagkerannya. Karena perkuburan ini sudah lapang dan orang-orang dari berbagai desa berdatangan ke pemakaman ini. Kuburan atau makam tua di Dusun Sekadim adalah tempat menguburkan orang-orang yang meninggal dari beberapa desa yaitu, Desa Sei Kelambu, Desa Serumpun Buluh, Desa Senseng, Desa Mt. Labung, dan Desa Serindang.

Pada bulan Sya’ban ini selain ziarah kubur atau makan saprahan, ternyata pada bulan Sya’ban ini banyak terjadi atau peristiwa-peristiwa penting yang tidak dapat kita lupakan begitu saja, diantaranya ialah:

1.      1 hari bulan Sya’ban, kelahiran Zainab binti ‘Ali.
2.      3 hari bulan Sya’ban, kelahiran Imam Syiah, Husain bin ‘Ali.
3.      4 hari bulan Sya’ban, kelahiran ‘Abbas bin ‘Ali.
4.      5 hari bulan Sya’ban, kelahiran Imam Syiah ‘Ali ibn Husain.
5.      5 hari bulan Sya’ban, kematian hazrat Fizza, tangan gadis (Qaneez) dari Fatimah.
6.      7 hari bulan Sya’ban, kelahiran Qasim bin Hasan.
7.      8 hari bulan Sya’ban 1484 H, kematian Khwaja Abdul Ghaffar Naqsybandi alias Pir Mitha.
8.      11 hari bulan Sya’ban, kelahiran ‘Ali al-Akbar.
9.      15 hari bulan Sya’ban, malam do’a yang dikenal sebagai malam Lailatul al baraat diamati oleh Muslim.
10.  15 hari bulan Sya’ban, kelahiran 12 Imam yang terakhir yaitu Muhammad al-Mahdi.
11.  22 hari bulan Sya’ban 1314 AH, kematian Khwaja Muhammad Usman Damani, seorang guru Sufi dari tradisi naqsahbandi.
12.  27 hari bulan Sya’ban 1313 AH, kelahiran Sayyad Laal Shah Hamdani, seorang syekh Naqshbandi yang terkemuka.

Itulah beberapa keistimewaan atau beberapa kejadian yang terjadi pada bulan Sya’ban yang tidak dapat kita lupakan begitu saja. Dan begitulah keadaan di Bumi Terigas Kabupaten Sambas ziarah kubur ini adalah sebuah tradisi yang dilaksanakan turun temurun oleh generasi penerus hingga sekarang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours