Selasa, 19 Mei 2015

Tips Mudah Menerima & Memberi Maaf Dengan Lapang Dada


Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, apabila kita membuat salah maka hendaklah degan segera untuk meminta maaf kepada orang tersebut. Dan jika orag tersebut tidak sudi untuk memaafkan kita, maka urusannya dengan Allah semata. Jika membuat salah atau dosa dengan orang lain maka minta ampunlah kepadanya, baru Allah akan mengampunkan dosa dan kesalahan kita. Jika kita membuat dosa dan kesalahan pada Allah, maka minta ampunlah kepada Allah Yang Maha Pengampun.

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS. An-Nisa:31).

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy-Syuura:30).

Tetapi orang yang bersabar dan mema'afkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. (QS. Asy-Syuura:30).

Dengan melihat arti dari ayat-ayat qur’an di atas, maka dapat disimpulkan beberapa tips untuk mudah menerima maaf dengan lapang dada, diantaranya:

1.      melihatlah ke atas, bahwa kita bukan yang terbaik.
2.      melihatlah ke bawah, bahwa kita bukan yang terjelek.
3.      lihatlah cermin, bahwa kita bukan bersih.
4.      lihatlah air, bahwa kita bukannya kekal.
5.      lihatlah ban motor, bahwa kita akan berubah.
6.      lihatlah awan, ia akan berubah hitam, bahwa kita bukannya diam.
7.      lihatlah orang lain, bahwa kita masih serba kekurangan.

Dari tips-tips di atas, mungkin membuat anda bingung atau kurang mengerti, kesimpulannya adalah bahwa manusia adalah tempatnya salah dan dosa, jangan mengira bahwa kita ini adalah yang terbaik dari orang lain, dan ingatlah bahwa dunia ini terus berputar, esok atau lusa mungkin hari kita yang akan berbuat kesalahan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...