kain lunggi 1
sumber foto : www.permatabangsa.web.id
Kota Sambas secara geografis terletak hampir di tengah-tengah wilayah Kabupaten Sambas. Sekarang Kota Sambas merupakan Ibu Kota Kabupaten Sambas yang secara administratif berada dalam wilayah Kecamatan Sambas. Kecamatan Sambas (lebih biasa) dipanggil oleh penduduk kabupaten sebagai Kota Sambas, yang juga berslogan "Kota Sambas Terigas". Sambas yang dikenal sekarang merupakan kota pusat pemerintahan Kesultanan Sambas, yang berpusat di Istana Alwatzikkoebillah, Desa Dalam Kaum.

Berbicara soal kain tradisional, biasanya yang pertama terbesit di benak adalah batik. Anggapan ini tak sepenuhnya benar, karena masih banyak kain Nusantara lainnya yang layak dieksplor. Khususnya di Kabupaten Sambas terkenal dengan kain tradisionalnya yang bernama “Kain Lunggi”. Kain Lunggi adalah kain tradisional kebanggaan orang Sambas, biasanya Kain Lunggi selalu berwarna emas. Karena pada Kain Lunggi tersisip lembaran emas yang memanjang sepanjang Kain Lunggi yang indah dipandang mata khas tenunan Melayu Sambas.

kain lunggi 2
sumber foto : www.kriyalea.com
 Namun dengan kemajuan zaman, oleh para pengrajin atau perancang mode, kini Kain Lunggi khas Melayu Sambas dibuat dengan berbagai warna, misalnya warna silver. Meskipun dirancang dengan modern namun ciri khas Melayu Sambas dari Kain Lunggi tetap dilestarikan. Sama seperti songket kebanyakan, Kain Lunggi memiliki tekstur yang mengkilap. Namun Kain Lunggi khas Melayu Sambas ini tidak terlalu kaku. Motifnya geometris dengan pengaruh kerajaan Majapahit.

Biasanya dari Kain Lunggi ini ditampilkan dengan tiga warna atau yang disebut dengan tiga look. Look yang ditampilkan, seluruhnya serba hitam dan kelam. Namun sentuhan mewah tetap terasa berkat warna lunggi yang mengkilap. Beberapa look yang ditampilkan di antaranya atasan berpeplum yang dipadukan dengan rok flare, semuanya terbuat dari lunggi.
kain lunggi dengan benang emas
sumber foto : kainsambas.page.tl
Jenis atau motif dari kain Lunggi ini bermacam-macam, diantaranya pucuk rebung, tahi lalat atau yang berbentuk titik, bunga telur mata ayam, tujuh tabur bunga melati kecil di tengah- tengah, bunga tanjung, bunga malek, dan bunga cangkring.

Itulah keindahan atau ciri dari Kain Lunggi yang tersisip berjuta lembaran emas di Kain Lunggi khas tenunan Melayu Sambas. “Datanglah ke Sambas Bumi Terigas”.

Lirik lagu ”KAIN LUNGGI”
Cipt. Bulyan Musthafa
Kaing lunggi tannunan Sambas
Betatahkan sulamman banang ammas
Kaing lunggi ambo'an Sambas
Dalam majlis kaing lunggi pengias
Kaing lunggi kebassaran urang Sambas
Kan pakaian dalam majlis Saroan
Kan siliendang bietudungkan ditapehkan
Kaing lunggi ambo'an
Kaing lunggi kebanggaan urang Sambas
Kan antarkan pala' pinang pinangan
Pucuk rabong ngenye petang tibakar
Kaing lunggi ambanan
Kaing lunggi tapeh penganten
Kan pakaian malam mulang mulangkan
Kaing lunggi kaing ambanan
Dalam majlis kaing lunggi pilihan
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours