Batik saat ini tidak lagi asing ditelinga masyarakat Indonesia. Dan pula saat ini batik sudah dikenal oleh masyarakat manca negara (luar negeri). Mungkin selama ini ada orang yang belum mengetahui apa itu batik? Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian yang dilakukan oleh ahlinya. Selain itu batik mengacu kepada dua hal diantaranya ialah pewarnaan kain dan busana yang dibuat dengan sedemikian rupa dengan motif-motif tertentu. Di Indonesia banyak sekali penghasil batik diantaranya ialah batik Jawa, batik Madura, batik Jombang, batik Megamendung, batik kampung batik Laweyan, batik Jawa Hokokai, batik Cap, batik Solo, batik Singkawang (batik Tidayu), batik Sambas (batik Parang Mannang), dan banyak lagi batik yang lainnya.  

Dengan populernya batik di Indonesia dan manca negara, para perancang atau pencipta (montir) untuk menciptakan sesuatu yang tampil beda dimata dunia, yaitu “mobil batik”. Begitu juga dengan siswa  SMK Negeri 2 Surakarta punya inovasi baru untuk menciptakan atau menerobos gebrakan baru yaitu membatikkan seluruh mobil yang ada. Tujuan dari semua itu adalah untuk membatikkan Indonesia, memperkenalkan budaya Indonesia ke mata dunia, menerobos trend baru abad ke-21, menguji masyarakat Indonesia,  apakah masih menyukai budaya Nasional (daerah) ataupun sebaliknya.

SMK Negeri 2 Surakarta yang pernah berprestasi dengan menciptakan mobil “Kiat Esemka” yang telah dipesan oleh beberapa pejabat Negara, termasuk Fauzi Bowo, mantan Gubernur DKI Jakarta dan beberapa camat di Jakarta, dan begitu juga dengan Pak Jokowi. Dengan ketertarikan para pejabat melirik ciptaan dan kreatif anak-anak SMK Negeri tersebut, tidak menutup kemungkinan “mobil batik Indonesia” akan mendunia. Batik adalah budaya Indonesia, kapan lagi akan mengharumkan nama Indonesia. Jika kita tidak bisa seperti Agnes Monica, atau Joe Taslim, mari kita berkreasi dan berinovasi untuk membawa nama Indonesia ke manca negara lewat batik.

Dalam tulisan ini, saya bukan siapa-siapa…saya mencoba menyumbangkan gagasan atau ide kepada pihak terkait untuk mengembangkan bakat yang telah ada. Dan maaf jika kepada pihak terkait tersinggung dengan tulisan ini. Dan pula, jika pihak terkait sudah mempunyai ide atau gagasan yang lebih baik, alhamdulillah…. Semoga bermanfaat bagi kita semua.  
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours