Minggu, 10 Mei 2015

“Sifat yang membawa kekufuran” Kultum Malam Ke 25 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh lima kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Sifat yang membawa kekufuran”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat TarawihMalam Kedua Puluh Lima 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, kufur berarti engkar, seperti kufur nikmat, artinya mengingkari nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita pada malam ini berkumpul untuk melaksanakan perintah-Nya adalah suatu nikmat dan rahmat. Rasulullah SAW bersabda “orang yang menjadi pengikut-ku memiliki lima sifat”. Apa sifat-sifat itu? Sifat-sifat itu adalah:
1.      keras terhadap orang kafir.
2.      berkasih sayang sesama manusia.
3.      dia selalu rukuk.
4.      dia sujud mencari ridho Allah semata.
5.      dimukanya terlihat tanda-tanda ia sujud pada Allah SWT.

Sedangkan sifat yang membawa kekufuran adalah: malas, takabur, sombong, menernak uang, tamak, malas, hanya bersantai-santai saja, tapi kepengen kaya, namun tidak kerja. Apa pekerjaannya, melacur, judi, mabuk-mabukkan, dan lain sebagainya. Si kaya menghina si miskin, itu adalah suatu contoh dari sifat sombong. Maka dari itu jauhilah sifat-sifat yang membawa kepada kekufuran agar hidup kita selamat di dunia dan di akhirat.

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...