Kamis, 30 April 2015

“Puasalah”: Kultum Malam Ke 4 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagian oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam keempat kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “puasalah”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih Malam Keempat1434 H”).    

Seandainya kita semua mengetahui apa yang terdapat di dalam bulan Ramadhan, niscaya kita menginginkan agar semua tahun itu menjadi bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya kebaikan berkumpul di bulan ini, maka puasalah agar kita diberi pahala sebanyak-banyaknya oleh Allah SWT. Judul di atas kalimat pendek “puasalah” yang berarti kita harus puasa, karena puasa itu adalah wajib. Sebagaimana yang kita ketahui tidak ada satu agamapun di dunia ini, selain agama Islam yang dipanggil kepada taqwa.
Kalimat pendek “taqwa” tapi sangat dalam maksudnya yang artinya “mengerjakan seruan Allah SWT serta meninggalkan segala larangan-Nya”.
Apa yang dilarang oleh Allah SWT? Yang dilarang oleh Allah SWT itu banyak sekali, diantaranya berbohong, judi, zina, minum-minuman keras, dan lain sebagainya. Dan apapula suruhan Allah itu? Suruhan atau perintah Allah SWT itu adalah sholat, membaca Al-Quran, sedaqah, infak, membantu fakir miskin, puasa, dan lain-lain sebagainya.

Jadi selagi kita masih diberi waktu, maka puasalah... karena dengan puasa kita bisa sehat, kita dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin.

Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin....

Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...