Minggu, 10 Mei 2015

Kultum Malam ke 30 “Puasa Wajib Berlalu, Puasa Sunat Menjelang”


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam ketiga puluh kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Puasa Wajib Berlalu, Puasa Sunat Menjelang”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “FadilahSholat Tarawih Malam Ketiga Puluh 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, puasa wajib pada bulan Ramadhan ini sebentar lagi akan berlalu meninggalkan kita. Apakah kita merasa gembira atau bersedih Ramadhan ini meninggalkan kita? Pasti gembira bukan? Pasti sedih bukan? Tepuk dada tanya selera. Maka barang siapa yang merasa tidak cukup satu bulan puasa, seharusnya ia puasa membayarnya di bulan syawal ini. Atau melaksanakan puasa syawal sebanyak 6 hari. Boleh berturut-turut, boleh juga tidak.

Sanda Rasulullah SAW, “barang siapa puasa Ramadhan, kemudian ia menyambungnya puasa enam hari di bulan syawal, maka ia seakan-akan dia puasa setahun” (HR. Imam Muslim dan lainnya dari Ayub Al-Anshari. Allah telah berfirman dalam Quran Surah An-Nahl ayat 97 yang artinya “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik* dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An-Nahl: 97).

Keterangan*: Ditekankan dalam ayat ini bahwa laki-laki dan perempuan dalam Islam mendapat pahala yang sama dan bahwa amal saleh harus disertai iman.

  

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...