Puasa wajib mulai pergi meninggalkan umat Islam, banyak dari umat Islam yang merasa sedih bila berpisah dengan bulan yang mulia ini. Kenapa? Karena bulan ini (Ramadhan) adalah bulan yang penuh berkah, penuh rahmat, penuh nikmat, penuh keampunan, neraka ditutup rapat dan sorga dibuka lebar-lebar. Dan jika manusia mengetahui tentang keistimewaan bulan Ramadhan ini, pastinya mereka mengingkan bulan semuanya bulan Ramadhan.

Dan tidak banyak pula yang merasa senang apabila berpisah dengan bulan ramadhan ini, karena mereka merasa bulan Ramadhan ini adalah bulan penjara, mereka semua merasa dipenjara, mata, hati, tangan, kaki, bahkan nafsupun dipenjara, dan lain sebagainya. Kemudian pada 1 hari Syawal kita perhatikan, mereka berpesta pora, 2-7 pesta di mana-mana, artis ada di mana-mana memeriahkan hari kemenangan. Apakah kita benar-benar menang atau kalah?

Belum puas dengan puasa yang 30 hari pada bulan Ramadhan, ada lagi puasa sunat di bulan Syawal. Puasa sunat syawal boleh dikerjakan pada 2 hari bulan Syawal hingga 30 hari pada bulan syawal. Akan tetapi jika dilaksanakan pada hari ke 30 pada bulan Syawal, kita hanya dapat 1 hari saja, paling tidak batsnya adalah pada hari ke 24 pada bulan Syawal. 

Dalil-dalil tentang Puasa Syawal, Dari Abu Ayyub radhiyallahu anhu yang artinya “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang berpuasa Ramadhan dan melanjutkannya dengan 6 hari pada Syawal, maka itulah puasa seumur hidup” (Riwayat Muslim 1984, Ahmad 5/417, Abu Dawud 2433, At-Tirmidzi 1164).

Hukum melaksanakan puasa Syawal ini adalah sunat, boleh dikerjakan boleh juga tidak. Boleh dilakukan secara beraturan, juga boleh tidak yang penting sebanyak enam hari.  Dan jika ada yang tinggal, maka puasa wajib dulu yang harus dibayar pada bulan syawal. Jangan puasa sunat dulu. Bayar hutang dulu, baru laksanakan perintah yang lain. Biasanya bagi wanita-wanita yang haid pada waktu bulan Ramadhan, maka bayarlah puasa Ramadhan di bulan Syawal, baru puasa sunat 6 hari di bulan Syawal. Semoga bermanfaat…


Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours