Minggu, 10 Mei 2015

“Puasa Perisai Neraka”: Kultum Malam Ke 24 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh empat kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Puasa Perisai Neraka”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat TarawihMalam Kedua Puluh Empat 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, puasa pada hakikatnya adalah perisai atau benteng yang dapat menghalangi kemaksiatan. Sehingga kalau ada orang yang berpuasa tetapi ia tetap menjalankan maksiat, maka hakikatnya yang dilakukannya itu bukanlah puasa yang sebenarnya. Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya “setiap amal ibadah manusia adalah miliknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah kepunyaan-Ku, dan Aku-lah yang akan membalasnya”.

Puasa itu adalah perisai neraka atau dari perbuatan maksiat. Maka apabila ada di antara kita lagi puasa, maka kita janganlah berkata kotor. Namun, apabila kita dicaci maki, hendaklah kita berkata “sesungguhnya aku ini sedang puasa, sesungguhnya aku ini sedang puasa”.

Para jamaah yang berbahagia, Demi Dzat yang jiwa Muhammad ditangan-Nya, sesungguhnya bau busuk dari mulut orang yang puasa itu lebih harum disisi Allah, daripada bau minyak misik. Dan bagi orang puasa ada dua kebahagiaan, yang ia merasa bahagia dengan keduanya. Dua kebahagian itu adalah tatkala ia berbuka puasa dan bertemu Tuhannya. Maka berbahagialah kita karena kita berpuasa.

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...