Pramuka kepanjangan dari Praja Muda Karana. Pramuka didirikan di Indonesia sudah lama sekali, semuanya adalah para pemuda dan pemudi. Mereka bersatu dan mementuk organisasi yang bernama pramuka. Pramuka terdiri dari siaga, penggalang, penegak dan pandega, serta beberapa saka yang ada, diantaranya ialah Saka Taruna Bumi, Saka Kencana, Saka Bayangkara, Saka Wira Kartika, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Bahari, dan saka yang lain-lainnya.

Dalam kegiatan pramuka untuk menjadi seorang pembina harus mendapatkan beberapa pelatihan diantaranya, KMD (Kursus Mahir Dasar), KML (Kursus Mahir Lanjutan), KPD (Kursus Pelatih Dasar), KPL (Kursus Pelatih Lanjutan) dan KPL + (plus). Jika kita samakan dengan pendidikan formal KMD=SD, KML=SMP, KPD=SMA, KPL=S1, KPL+=S2 (Sugianto, S.Pd.I: 2013). Pelaksanaa atau kegiatan pramuka di sekolah-sekolah dilakukan pada sore hari yang dimulai pukul 14.30 atau 15.00 wiba. Pramuka adalah kegiatan ektrakurikuler (eskul) yang biasanya dilaksanakan pada sore Jum’at. Sabtu atau Minggu.

Setelah mendapatkan berbagai pelatihan atau pendidikan maka orang tersebut mendapatkan gelar Master atau Profesor. Profesor pramuka satu-satunya di Indonesia adalah Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadiredja, MSc., Apt. yang berdomisili di Jakarta. Sedangkan master pramuka di Indonesia ini sangat banyak, salah satunya adalah kakak Ramali, N. Mas.SP, yang berdomisili di Dusun Sekadim, Desa Pusaka, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Beliau adalah salah satu master yang ada di Kabupaten Sambas. Master pramuka di Kabupaten Sambas (Kwarcab) sebanyak 10 orang, termasuklah kakak Ramali, N. Mas.SP yang terkenal dengan nama Mr. Oben atau Pak Oben. Di Kecamatan Tebas yang mendapatkan master sebanyak tiga orang, mereka itu adalah Kak Rahimin, S.Pd., Kak Supardi, A.Ma.Pd., dan Ramali, N. Mas.SP.

Ramali, N.Mas.SP lahir pada tanggal 17 Agustus 1964, ia mulai aktif mengikuti kegiatan pramuka ini sejak dari dalam perut ibunya pada tahun 1970an. Pada tahun 1980an ia mulai aktif mengajar pramuka dibeberapa sekolah khususnya Mis Al-Hikmah Sidang Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. Sedangkan pada tahun 1986 ia menjadi pembina tetap di Mts Al-Hikmah Sidang dan mempunyai banyak sekali murid-murid yang dapat dibanggakannya. Murid-muridnya adalah Edi Nawi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) di KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Tebas, Rajimi seorang guru di Mts Al-Hikmah Sidang, Kecamatan Tebas, Sugianto, S.Pd.I., Direktur CV. Firman di Singkawang mantan Guru di SMA Negeri 10 Singkawang, Sri Nur Indah Sari, S.Pd., seorang Guru Matematika di SMK N 1 Kecamatan Semparuk, dan banyak lagi yang lainnya.

The Master Ramali N.Mas.SP saat ini memberikan pembinaa pramuka ke sekolah-sekolah di Kecamatan Tebas diantaranya SMP Negeri 3 Tebas, SMA Negeri 1 Tebas, SMK Negeri 1 Tebas. Sedangkan jabatan yang disandangnya saat ini adalah Andalan Cabang Kabupaten Sambas, Koorp Pelatih Kabupaten Sambas, Pamong Saka Taruna Bumi Kabupaten Sambas, Andalan Ranting Kecamatan Tebas.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours