Minggu, 10 Mei 2015

“Pesan untuk dihari Raya”: Kultum Malam Kedua Puluh Sembilan Bulan Ramadhan 1434 H/2013 M


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh sembilan kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Pesan untuk dihari Raya”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat TarawihMalam Kedua Puluh Sembilan 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, apabila hari raya menjelang tiba betapa hati kita, anak-anak kita begitu gembira. Namun janganlah kita loba, untuk mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebagai tanda terima kasih kita kepada-Nya. Kalau terlalu gembira, hingga kita lupa pada Allah SWT, itulah yang membuat Allah tidak suka. Mari kita ramaikan masjid ini untuk mengerjakan sholat Id yang akan menyonsong.

Pesan saya khususnya adik-adik semua, yaitu dihari raya nanti pertama sekali kita mandi dulu, lalu memakai pakaian yang rapi dan bersih serta memakai wangi-wangian. Sebelum berangkat sholat Idul Fitri kita disunnatkan untuk makan terlebih dahulu walaupun itu sedikit.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, pada hari raya nanti janganlah kita saling berlomba dalam kemegahan, pamer dengan perhiasan dan pakaian serta kecantikan dan kegantengan. Dengan membeli barang-barang yang mahal, mewah dan bagus-bagus. Namun bagi kita semua itu diluar jangkauan ekonomi. Kasihnilah kedua orang tua kita yang bekerja pagi dan sore di sawah,kebun, toko, atau mencari koran-koran bekas atau botol-botol dan lain sebagainya.

Bukanlah hari raya itu, untuk orang-orang yang berpakaian baru dan kaya. Akan tetapi hari raya Idul Fitri ini adalah untuk orang-orang yang benar-benar melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya, kembali suci dan fitrah-sefitrahnya. Mari kita perbaiki diri, sebelum hari raya tiba, dan jangan berlebih-lebihan di hari raya. 

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...