Kamis, 30 April 2015

“Peralihan zaman”: Kultum Malam Ke 9 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagian oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kesembilan kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “peralihan zaman”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih Malam Kesembilan 1434 H”).    

Para jamaah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah Subhanahu Wataala, zaman sekarang sudah berubah, sekarang zaman modern, serba modern. Sehingga banyak para remaja menikuti trend masa kini konon katanya zaman melenium abad 20. pada zaman ini manusia sudah berubah, berubahnya seperti apa? Bukan seperti The Power Ranger atau Spiderman serta Avatar! Tapi perilaku manusianya yang berubah, yang baik bisa jahat, yang jahat bisa baik, yang laki-laki bisa jadi perempuan, yang perempuan bisa menjadi laki-laki. Sekarang tidak ada lagi yang mustahil karena kecanggihan teknologi yang membodohkan manusia.

Kenapa? Manusia tidak semakin kreatif, kita telah dijajah lewat teknologi, akhirnya banyak anak-anak kita yang terjerumus ke dunia maya teknologi. Karena tidak ada filter diantara mereka, jika mengharapkan orang tua, mereka sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Orang-orang kaum orientalis mengumpani anak-anak remaja kita dengan teknologi, foot, dring, fun, dan feisen, serta banyak lagi yang lainnya.

Dengan itu, hati-hatilah dalam bertindak, berbuat, untuk memanfaatkan teknologi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...