Kamis, 30 April 2015

“Pengendalian Nafsu”: Kultum Malam Ke- 13 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagiakan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam ketiga belas kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “pengendalian nafsu”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih MalamKetiga Belas 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia, kita bangsa manusia diberi kemuliaan oleh Allah SWT, khususnya agama Islam. Kalau dibandingkan dengan malaikat, malaikat adalah makhluk yang patuh, taat pada Ilahi. Dia mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Tapi, itu wajar, sebab malaikat itu diberi akal namun tidak diberi nafsu oleh Allah SWT, sehingga ia (malaikat) bisa beribadah tanpa makan dan minum, dan tidak ingat pada sesuatu, seperti manusia. Itu adalah sifat dari malaikat.

Para jamaah yang berbahagia, sekarang kita contohkan pada binatang. Binatang diberi Tuhan dengan nafsu namun akal tidak diberi oleh Allah. Oleh sebab itu, binatang tidak melakukan perintah Allah SWT. Kemudian kita lihat pada setan, setan punya nafsu, yaitu nafsu menggoda dan menyesatkan manusia, setan juga makan dan minum, akan tetapi makanannya berbeda dengan manusia. Setan akan menyesatkan manusia agar menjadi pengikutnya kejalan yang sesat dan jalan menuju neraka.

Maka dari itu kendalikan nafsu kita dari berbuat yang tidak-tidak agar kita selamat dunia dan akhirat.

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...