Kamis, 30 April 2015

“Orang yang dirindukan sorga”: Kultum Malam Ke 8 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagian oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedelapan kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “orang yang dirindukan sorga”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah SholatTarawih Malam Kedelapan 1434 H”).    

Para jamaah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah Subhanahu Wataala ada empat orang yang sangat dirindukan oleh sorga di dunia ini, siapakah orang-orang yang beruntung itu? Mereka tiada lain adalah:
1.      Orang yang membaca Al-Quran.
Firman Allah SWT yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi” (QS. Al-Faathir: 29).

2.      Orang yang menjaga lisan.
Firman Allah SWT yang artinya “Perkataan yang baik dan pemberian maaf[167] lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun” (QS. Al-Baqarah: 263).
Keterangan: Perkataan yang baik maksudnya menolak dengan cara yang baik, dan maksud pemberian ma'af  ialah mema'afkan tingkah laku yang kurang sopan dari si penerima.

3.      Orang yang suka memberi makan orang lain (sedaqah).
Firman Allah SWT yang artinya “atau memberi Makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau kepada orang miskin yang sangat fakir. dan Dia (tidak pula) Termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang” (Al-Balad: 14-17).

4.      Orang yang puasa di bulan Ramadhan.
Firman Allah SWT yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183).

Apakah diantara kita ada yang suka membaca Al-Quran? Apakah diantara para jamaah ada yang selalu menjaga lisannya? Apakah ada diantara para bapak-bapak, ibu-ibu yang suka memberi makan orang lain (sedaqah), misalnya anak yatim atau musafir? Apakah diantara jamaah yang selalu puasa di bulan Ramadhan?

Mudah-mudah kita semua dirindukan oleh sorga, dan kita semua akan masuk sorga, Insa Allah.
Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...