Ayam (gallus domesticus) adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan sebagai keperluan atau kebutuhan pemeliharanya. Ayam peliharaan di singkat “ayam”, merupakan keturunan langsung dari salah satu subspecies ayam hutan. Setelah diteliti ternyata ayam ini banyak sekali fungsi dan khasiatnya. Salah satu fungsi dari ayam ini adalah sebagaia ayam potong, di ambil daginnya untuk dikonsumsi.

Telur (egg) adalah suatu benda berbentuk lonjong yang mempunyai inti berwarna kuning serta memiliki cangkang atau kulit yang berwarna putih. Telur ini dimiliki oleh hewan-hewan sebangsa unggas, misalya ayam, bebek (itik), burung, angsa, dan lain-lainnya.

Berdasarkan defenisi di atas, manakah yang lebih dulu dari dua benda tersebut, ayam atau telur. Jika jawabannya “ayam” sedangkan ayam keluar dari telur. Jika jawabannya “telur” telur keluar dari ayam. Jadi mana yang lebih dulu, ayam atau telur?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut secara ilmiah dan non ilmiah. Ilmiahnya adalah ayam yang telah menghasilkan telur, melalui proses perkawinan dengan ayam jantan. Sedangkan telur adalah hasil dari perkawinan ayam jantan dan ayam betina sebagai tempat dimana proses terciptanya anak ayam. Untuk non ilmiahnya adalah kami perkuat alibi kami berdasarkan pada dalil nagli yang terdapat dalam Qur’an Surah Ali Imran ayat 27 yang artinya “Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup* . Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”.

Keterangan *: Sebagian mufassirin memberi misal untuk ayat ini dengan mengeluarkan anak ayam dari telur, dan telur dari ayam. Dan dapat juga diartikan bahwa pergiliran kekuasaan diantara bangsa-bangsa dan timbul tenggelamnya sesuatu umat adalah menurut hukum Allah.

Jadi berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa ayamlah yang pertama sekali diciptakan, dan bukannya telur. Jangan lagi ada yang berkelahi ya hanya gara-gara memperselisihkan mana yang lebih dulu, ayam apa telur.

Semoga bermanfaat artikel kami, salam penulis…
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours