Manusia saat ini banyak yang mengisukan tentang kiamat, padahal kiamat itu urusan Allah, hanya Allah yang tahu, kapan itu akan terjadi.


Apakah Kiamat Sudah Dekat?
Ilustrasi Kiamat
Manusia saat ini banyak yang mengisukan tentang kiamat, padahal kiamat itu urusan Allah, hanya Allah yang tahu, kapan itu akan terjadi. Manusia hanya diberi pengetahuan sedikit saja tentang kiamat. Sedangkan Rasulullah saja, tidak mengetahui kapan akan kiamat. Nabi Muhammad SAW. Hanya memberikan petunjuk atau tanda-tanda akan kiamat. Coba perhatikan firman Allah SWT di bawah ini, mudah-mudahan kita berfikir dan mencari bekal sebanyak-banyaknya buat MATI. 

“Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). dan tahukah kamu, boleh Jadi hari kiamat itu (sudah) dekat?” (QS. Asy Syuura: 17).

Firman Allah SWT dalam Quran yang artinya “berilah mereka peringatan dengan hari yang dekat (hari kiamat yaitu) ketika hati (menyesak) sampai di kerongkongan dengan menahan kesedihan. orang-orang yang zalim tidak mempunyai teman setia seorangpun dan tidak (pula) mempunyai seorang pemberi syafa'at yang diterima syafa'atnya” (QS. Al-Mu’min: 18).

“ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang-orang kafir itu menjadi muram. dan dikatakan (kepada mereka) Inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya” (QS. Al-Mulk: 27).

Dan lihatlah firman Allah Subhanahu Wataala yang artinya “(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari kebangkitan, kapankah terjadinya*?” (QS. An Naazi’aat: 42).
Keterangan*: Kata-kata ini mereka ucapkan adalah sebagai ejekan saja, bukan karena mereka percaya akan hari berbangkit.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini (S 79:42,43,44) turun ketika Rasulullah saw. ditanya tentang permulaan qiamat. Ayat ini turun sebagai penegasan bahwa hanya Allah yang mengetahui waktunya. (Diriwayatkan oleh al-Hakim dan Ibnu Jarir yang bersumber dari Aisyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum musyrikin Makkah bertanya dengan sinis kepada Rasulullah saw.: "kapan terjadinya qiamat?" Allah menurunkan ayat ini (S.79:42-46) yang menegaskan bahwa hanya Allah yang Maha Mengetahui akan waktunya. (Diriwayatkan oleh Ibnu abi Hatim dari Juwaibir dari ad-Dlahhak yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Rasulullah SAW. sering menyebut-nyebut qiamat. Maka turunlah ayat ini (S.79:43,44) sebagai perintah untuk menyerahkan persoalannya kepada Allah SWT.
(Diriwayatkan oleh at-Thabarani dan Ibnu Jarir yang bersumber dari Thariq bin Syihab. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari 'Urwah.) (QS. An Naazi’aat: 42).


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours