Serindang, adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Tebas. Desa Serindang ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Salatiga. Siapa tahu dan siapa sangka ternyata di Desa yang terpencil ini dan jauh dari keramaian kota terdapat aset wisata yang dapat dikembangkan. Pemerintahan desa telah mengusulkan tempat ini yang disebut oleh orang-orang kampung dengan nama “Matang Nangka”. Kata mattang berasal dari artian bahwa tempat itu tanahnya tinggi seperti bukit kecil, yang disebut munggok atau mattang dalam bahasa Sambas. Sedangkan kata Nangka adalah pohon tinggi yang menjulang dengan buah berwarna hijau berduri kecil serta memiliki daging buah berwarna kuning. Disebut dengan Mattang Nangka karena pohon nangka tersebut tumbuh disekitar mattang (tanah tinggi) tersebut. Dengan dasar itulah masyarakat Desa Serindang Kecamatan Tebas dan sekitarnya menyebut tempat itu dengan nama “Mattang Nangka”.


Pada Mattang Nangka ini memiliki pemandangan yang indah dan asri, karena posisinya terletak diantara dua sisi jalan Desa Serindang (dua dusun) yaitu Dusun Rindang dan Dusun Rimbun. Di Desa Serindang ini telah dikembangkan berbagai tanaman holtikultura dan agro, serta ikan, diantaranya ialah karet, kelapa sawit, nenas, durian, jeruk, ikan nila, ikan lele, dan ikan bawal. Pemerintah kecamatan, kabupaten dan bahkan provinsi sering berkunjung ke Desa Serindang ini, karena Desa Serindang adalah desa percontohan di Provinsi Kalimantan Barat. 
Berdasarkan usulan dari bawah ke pemerintah pusat, maka dapatlah Desa Serindang ini khususnya di Mattang Nangka menjadi aset wisata Provinsi Kalimantan Barat sebagai agrowisata. Beberapa bulan sebelum diresmikannya Mattang nangka ini sebagai tempat agrowisata oleh menteri Pariwisata yaitu Ibu Mari Elka Pangestu beserta jajaran Pemda Sambas pada tahun lalu tepatnya tanggal 5 Januari 2012.   
Di desa Serindang ini, banyak sekali tanaman nenas yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Serindang. Penghasil nenas terbanyak di Kecamatan Tebas ini adalah Desa Serindang, dan imbasnya ke desa-desa terdekat, misalnya desa Matang Labung (Dusun Senyawan, Dusun Sidang Jirak), dan Desa Maktagguk (Dusun Sengada), serta Desa Bukit Segoler.
Kegiatan proyek pengembangan agrowisata sebelum diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Pemda Sambas, beberapa bulan sebelumnya. Para aparatur desa beserta kelompok tani yang dipercayakan untuk mengurus kegiatan tersebut, sangat antusias sekali. Mereka bekerja tidak kenal lelah dan semangat waja. Salah satu diantaranya adalah “Bapak Tayeb, A.Md” dan “Bapak Hasnan, S.Pd.I”, mereka bekerja dengan giat dengan dibantu oleh Bapak Kepala Desa (Suhardi) demi mengembangkan Mattang Nangka ini menjadi aset wisata Kalimantan Barat.

Kini, usaha mereka tidak sia-sia, Mattang Nangka telah disulap menjadi cantik dan indah dengan tidak meninggalkan kultur alamnya yang asri. Mattang Nangka bukan tempat yang melagenda, akan tetapi sebuah tempat agrowisata buah nenas yang manis (semanis madu) dan dara Serindang. Mari datang ke Serindang sebagai Agrowisata Serambi Mekah di Bumi Terigas, Kalimantan Barat. 
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours