Kamis, 30 April 2015

“Jauhilah Neraka”: Kultum Malam Ke 16 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam keenam belas kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “jauhilah neraka”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih MalamKeenam Belas 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, Allah menjadikan apa yang ada di dunia ini semuanya berpasang-pasangan, begitu juga dengan sorga dan neraka. Meskipun sorga dan neraka itu ghaib, tapi wajib kita percayai. Orang mukmin jikalau sudah baligh dan berakal sehat wajib meyakini sorga dan neraka. Dikatakan bahwa sorga tempat orang yang beriman, sedangkan neraka adalah tempat orang-orang yang engkar, yang selalu berbuat murka. Maka dari itu, kita perlu berlindung dari siksa api neraka.

Kaum muslimin yang diberkati oleh Allah. Mari kita pelihara diri kita dan keluarga kita dari siksa api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu. Dan penjaganya malaikat-malaikat yang kasar. Mengapa Tuhan mengatakan yang masuk neraka, manusia dan batu? Karena manusianya berhati batu. Dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa banyak cara untuk menjauhi neraka, seperti jangan angkuh, sombong, jangan memfitnah, jangan zina, jangan mabuk-mabukan, jangan korupsi, jangan makan sapi orang (rakyat), jangan riya, dan banyak lagi yang lainnya. 

Sedangkan cara untuk mendapatkan sorga juga banyak, misalnya puasa, zakat, sedekah, infak, menyantuni anak yatim, sholat, puasa, membantu orang lain yang susah, dan lain-lainnya. Dalam kesempatan ini juga saya menghimbau kepada para generasi muda, jauhi narkoba, dekatkan diri kita kepada Allah SWT, mari kita ramaikan masjid kita ini. Karena kita selaku generasi penerus agama yang akan meramaikan masjid. 

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...