Kamis, 30 April 2015

“Manfaat Puasa”: Kultum Malam Ke 3 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagian oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam ketiga kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Manfaat puasa”, namun sebelumnya saya akan mengkhabarkan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih Malam Ketiga1434 H”).    

Para jamaah yang dimuliakan Allah SWT, hikmah puasa itu ada empat macam yaitu:
1.            Tanda terima kasih kita kepada Allah SWT.
Maksudnya karena semua ibadah mengandung terima kasih atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita yang tidak terbatas dan tidak ternilai harganya, seperti melihat, mendengar, bicara dan lain-lain sebagainya. Tanda terima kasih kepada Allah SWT adalah sebagai tanda kita mengucap syukur kehadirat-Nya.

2.            Didikan kepercayaan.
Maksudnya seseorang yang telah sanggup menahan dan mengendalikan hawa nafsunya. Sehingga hati kita merasa atau menjadi malu untuk melakukan perkara-perkara yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wata’ala, walaupun tiada orang yang melihat, meskipun kita berada di dalam kamar yang tertutup rapat dan gelap.  

3.            Didikan perasaan belas kasih terhadap fakir miskin.
Maksudnya semua fakir miskin merasakan sakit dan pedih serta perih, karena perut keroncongan, maka dengan puasa timbul fikiran belas kasihan dan kita ingin menolong fakir miskin tersebut. Namun bagi orang-orang yang mau berfikir.
Ingat, kaya dan miskin semuanya sama dihadapan Tuhan yang Maha Esa, yang membedakan kita hanyalah iman dan taqwanya. Maka dari itu santunilah fakir miskin dan anak-anak yatim.

4.            Kesehatan.
Maksudnya dengan puasa kita bisa sehat, sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang artinya “berpuasalah kamu supaya kamu sehat”. Orang yang banyak makan dan tidak teratur, maka orang itu akan jadi malas, jadi ngantuk atau bisa jadi sakit. Karena kesehatan tubuh menjadi tidak seimbang. Dengan puasa berarti memberikan kesempatan kepada perut untuk istirahat. Dan dalam hadits lain Rasulullah SAW mengatakan “makan dan minumlah kamu, tapi jangan berlebih-lebihan”.

Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....baca juga materi kultum tentang Hikmah Puasa (klik disini)

Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...