Kamis, 30 April 2015

“Hayalan”: Kultum Malam Ke 22 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh dua kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Hayalan”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih Malam KeduaPuluh Dua 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, manusia tidak akan lepas dari yang namanya hayalan, sukur-sukur menghayal baik, lalu bagaimana dengan menghayal yang buruk atau kotor? “Nauzubillahimin zalik, Ya Allah jauhkanlah hamba dari perbuatan itu”.

Bapak-bapak, ibu-ibu yang berbahagia, jangan sampai anak-anak kita pada bulan yang berbahagia ini, menghayal yang bukan-bukan. Karena mereka tidak punya pekerjaan, jadi pengangguran mereka asik menghayal yang bukan-bukan. Pada bulan puasa banyak waktu terluang, biasanya yang saya lihat disekeliling itu disempatkan untuk menghayal yang bukan-bukan. Contohnya menghayal tentang buka puasa, nanti aku akan makan kue puas-puas, menghayal kena nomor (togel) katany ingin beli motor, untuk menggonceng cewek, nanti malam setelah selesai sholat Isya, jadi tidak puasa donk.... dan banyak lagi hayalan-hayalan yang buruk,,,, tau sendiri dech ya....

Dari pada menghayal yang bukan-bukan, lebih baik bantu orang tua buat kue, ke kebun, ke sawah, atau mengerjakan PR, dan banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...