Sabtu, 12 Desember 2015

Emping Melinjo


Emping Melinjo
Emping Melinjo
Emping adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dengan cara menghancurkan bahan baku (biasanya terbuat dari biji atau buah melinjo) hingga halus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Emping Melinjo merupakan produk olahan yang sering dipakai sebagai pelengkap makanan lainnya. Rasanya yang asin-gurih, agak-agak pahit membuatnya menjadi salah satu makanan primadona “dikalangan krupuk” khas Indonesia.

Proses pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu, atau proses pembuatannya dilakukan dengan merebus, kemudian dipipihkan dan dikeringkan dibawah sinar matahari untuk beberapa waktu.

Makanan ini banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil, biasanya emping melinjo di produksi oleh industri daerah misalnya di Kabupaten Klaten Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kabupaten Magetan, atau di Kabupaten Bantul. Emping sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat.

Emping sebenarnya dapat pula dari berbagai bahan, asalkan bahannya mengandung cukup pati. Ada emping dibuat dari bulir jagung (oleh pengrajin di daerah di Yogyakarta) serta emping yang terbuat dari umbi  teki.

Emping juga disertakan dalam penyajian bubur, gado-gado, ketoprak, sate, nasi goreng, bakso, dan lain sebagainya. Sebagai makanan ringan yang berdiri sendiri emping juga dijual dalam bentuk emping balado dan emping gula merah.

Jika dirumah anda ada melinjo anda dapat membuat emping melinjo sendiri di rumah sebagai bahan makanan tambahan untuk nonton televisi.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...