Kamis, 30 April 2015

“Bersabar”: Kultum Malam Ke 14 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam keempat belas kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “bersabar”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat Tarawih Malam KeempatBelas 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia, Tuhan menjadikan apa-apa yang ada di dunia ini dengan berpasang-pasangan, serta berlawanan. Misalnya tinggi-rendah, malam-siang, kaya-miskin, jelek-cantik, miskin-kaya, laki-laki-perempuan, begitu juga sakit-sehat, sedih dan gembira, susah-senang, dan banyak lagi yang lainnya.

Allah SWT berfirman yang artinya “dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah” (QS. Fathir: 11).

Dan Allah SWT juga berfirman yang artinya “Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan*. yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. tidak ada Tuhan selain dia; Maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?” (QS. Az-Zumar: 6).
Keterangan*: Tiga kegelapan itu ialah kegelapan dalam perut, kegelapan dalam rahim, dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim.

Allah Subhanahu Wata’ala juga berfirman dalam Qur’an Surah Ar-Rahmaan ayat 52, yang artinya “di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan” (QS. Ar-Rahmaan: 52).

Dengan hal (perbedaan) seperti itulah banyak manusia yang tidak sabar. Misalnya ia diciptakan miskin, sedangkan tetangganya kaya. Ia iri dengan kekayaan tetangganya. Dia jelek, temannya cantik, ganteng, gagah, ia jadi marah dan tidak sabar akan ujian Tuhan. Apa yang kita alami dan rasakan sebenarnya semua itu adalah ujian dari Allah SWT. Allah akan menguji hambanya berdasarkan kemampuannya. Perhatikan firman Allah SWT dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 286 yang artinya “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir” (QS. Al-Baqarah: 286).

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...