Sunatan Massal
sumber foto : trisnopalpres.blogspot.com
Sya’ban adalah bulan ke delapan di tahun Hijriyah yang sangat ditunggu oleh oleh umat Islam, karena bulan Sya’ban ini adalah bulan pintu gerbang untuk memasuki bulan Ramadhan. Dan pula pada bulan Sya’ban ini banyak kejadian-kejadian yang bersejarah, diantaranya ialah:

1.      1 hari bulan Sya’ban, kelahiran Zainab binti ‘Ali.
2.      3 hari bulan Sya’ban, kelahiran Imam Syiah, Husain bin ‘Ali.
3.      4 hari bulan Sya’ban, kelahiran ‘Abbas bin ‘Ali.

Untuk lebih lengkapnya untuk mengetahui kejadian-kejadian yang bersejarah pada bulan Sya’ban  klik di sini (ZiarahKubur Tradisi Bulan Sya’ban Di Tanah Terigas).

Pada bulan Sya’ban ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan misalnya acara makan di bulan Sya’ban. Acara makan di bulan Sya’ban itu dilakukan secara saprahan yang merupakan ciri khas suatu acara yang bersifat religius masyarakat melayu Sambas, contohnya. Jika di Kabupaten Sambas acara makan-makan selalu dilaksanakan dengan acara saprahan, seperti acara sunatan, pernikahan, tepung tawar, antar uang atau ngantar cikram (ngancik), syukuran, arisan, dan lain-lainnya.

Melihat dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya di Indonesia, dan pada rumpun Melayu maka pada bulan Sya’ban ini adalah bulan yang baik untuk melaksanakan sunatan, apalagi saat ini pas bertepatan dengan liburan sekolah.


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours