Minggu, 10 Mei 2015

“Antara siang dan malam di bulan Puasa” Kultum Malam Ke 26 Ramadhan


Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh enam kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus.

Judul kultum saya beri judul dengan “Antara siang dan malam di bulan Puasa”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah SholatTarawih Malam Kedua Puluh Enam 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, pada bulan ini khususnya pada malam hari kita disunatkan untuk sholat tarawih dan witir, ditambah lagi dengan tadarusan bersama dengan teman-teman atau ibu-ibu para jamaah sholat tarawih. Ditambah lagi pada larut malamnya dengan sholat tahajud, serta sholat hajat atau sholat lainnya. Pada bulan ramadhan ini khususnya sholat tarawih tidak ada di bulan-bulan yang lainnya.

Apabila ibadah malam tidak kita lakukan, bahkan tidak pernah sama sekali melakukannya, maka merugilah kita di dunia dan di akhirat. Kenapa? Karena semua orang mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan yang mulia ini, namun kita tidak. Kita hanya diam dan tidur-tidur siang di dalam kamar yang ber AC.
Abu Hurairah meriwayatkan yang artinya “adalah Rasulullah SAW menggemarkan sholat malam pada malam bulan Ramadhan dengan keteguhan iman dan karena Allah semata, niscaya diampunkan dosanya yang telah lalu”.

Lalu apa yang dilakukan pada siang hari? Yang dapat dilakukan pada siang hari adalah puasa, sholat lima waktu, ditambah sholat rawatib, sholat dhuha, ngaji atau zikir setelah selesai sholat, sedaqah, infak, membantu anak yatim, membantu orang-orang yang tidak mampu, dan banyak lagi yang lainnya. 

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...