ilustrasi Belajar Bahasa inggris
sumber gambar : zone-klik.blogspot.com
Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, diseluruh negara yang ada di dunia jika ingin saling berkomunikasi akan menggunakan B. Inggris. Para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang berasal dari Indonesia, akan diberikan pembinaan terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri untuk bekerja sebagai pembantu, karyawan, buruh pabrik, atau mandor, dan lain sebagainya. Namun ada juga yang tidak dibina sama sekali, mereka langsung berangkat begitu saja ke luar negeri. Tanpa modal pendidikan dan bahasa, mereka nekad dan memberanikan diri demi kebahagian dimasa yang akan datang.  

Dengan kekurangan mereka yaitu bahasa, maka pada akhirnya mereka mengalami banyak masalah di luar negeri khususnya Bahasa Inggris. Banyak kasus yang telah pemrintah hadapi dengan masalah TKI/TKW ini. Dan banyak pula yang telah diselesikan oleh pemerintah Indonesia, dan banyak pula yang masih belum terpecahkan permasalahannya. Tidak luput pula mengenai Bahasa Inggris, banyak para siswa SMP, SMA dan Mahasiswa, yang merasa kesusahan dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris. Hanya beberapa orang saja setipakelasnya yang mengetahui dan menyukai pelajaran Bahasa Inggris ini.

Dengan adanya permasalahan kesulitan para TKI/TKW dalam memahami Bahasa Inggris, dengan ini kami sajikan 10 trik kehadapan anda agar anda mudah dalam memahami pelajaran Bahasa Inggris, serta anda akan dapat berdialog dengan para turis. Kesepuluh trik itu ialah: 

1.            Pelajari setiap kata.
Kata itu sangat penting, karena setiap kata bisa menjadi kata-kata atau kalimat untuk berbicara dengan orang lain. Tanpa kata-kata maka kita tidak bisa berkomunikasi dengan masyarakat bule’ (orang asing). 

2.            Sering membaca peljaran Bahasa Inggris.
Bacalah setiap buku pelajaran Bahasa Inggris dengan santai tanpa merasa ada beban yang membebani. Tujuan dari membaca tersebut adalah untuk mebentuk lafaz atau penyebutan pada lidah, agar huruf-huruf yang terucap menjadi benar dan kita sudah terbiasa. Ingat dengan kata bijak? “Ala bisa karena biasa”.  

3.            Jika ada kata atau kalimat yang kurang dimengerti, cepat-cepat buka kamus atau tanyakan pada yang ahlinya. Akan tetapi, yang lebih baik adalah dengan kita mencarinya sendiri pada kamus.

4.            Ingat setiap kata (kosakata atau vacubulari).
Ingatlah setiap kata yang telah kita hafal sesuai dengan kebutuhan kita. Jika lagi sendiri atau tidak ada pekerjaan sebaiknya mengingat-ngingat kata-kata yang telah dihapal (daripada melamun).

5.            Sering diucapkan.
Ucapkanlah kata-kata yang telah dipelajari agar lafaz atau penyebutan kita akan terbiasa, secara tidak langsung kita akan ingat kata-kata tersebut.

6.            Ajak teman berdialog dengan menggunakan bahasa Inggris.
Ajaklah teman sebangku atau teman sekelas atau teman sejawat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jika lawan bicara kita tidak mengetahui apa yang telah kita ucapkan, kita boleh menterjemahkannya ke dalam bahasa Indinesia. Secara tidak langsung kita sudah menguasai dua bahasa, yaitu bahasa kita sendiri (Indonesia) serta bahasa asing (Inggris). 

7.            Tempel kata-kata yang sukar pada lemari, pintu, dan sebagainya sesuai selera.
Tulis dan tempellah setiap kata-kata yang telah kita pelajari pada pintu, lemari, dinding kamar, kaca cermin, dan lain sebagainya. Tujuan dari itu semua adalah agar kita tidak lupa dengan apa yang telah kita hapal atau pelajari.

8.            Bawa buku saku bahasa Inggris.
Bawalah buku saku bahasa Inggris kemanapun kita pergi. Tujuan dari semua itu adalah pada saat kita mendengar atau melihat bahasa asing atau kata bahasa Inggris yang tidak kita mengerti. Kita langsung dapat membuka kamus bahasa Inggris kita. Kemudian berilah tanda centang pada kamus tersebut. Tujuannya adalah bahwa kata dalam kamus tersebut sudah kita lihat dan sudah digunakan, dengan kata lain, untuk mengingatkan kita kembali.

9.            Menulis dengan bahasa Inggris.
Menulis dengan bahasa Inggris harus dilakukan setiap hari, meskipun hanya beberapa kata atau kalimat. Tujuannya adalah untuk melatih kita dalam mengatur tatabahasa dan menguji kita dalam mengingat abjad atau hurup (angka) dalam bahasa Inggris.

10.        Merekam hafalan.
Rekamlah hafalan yang sudah dihapal pada handpone atau media yang lain. Dan ketika waktu santai atau waktu olahraga sambil lari-lari kecil, joging, maka dengarkanlah hapalan tersebut dengan headshets.

Itulah sepuluh dari Trik Belajar Cepat Dan Mudah Untuk Memehami Bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para siswa SMP, SMA dan Mahasiswa serta masyarakat umum.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours