pada saat membeli buah-buahan, pernahkah sobat berpikir, kenapa pisang rasanya manis? Mangga rasanya asam, dan buah nano yang rasanya manis, asem, asin…. Heheheeee itu permen nano-nano
mungkin orang-orang berpikir seperti sobat akan mencari jawabannya dan nemunya di sini…

contohnya aja deh buah kedondong,,, asem banget kan??? Buah kedondong yang terasa asam itu dikarenakan kandungan asam nya yang tinggi…. Asam yang sering kita jumpai di dalam buah itu mengandung zat asam malat, asam oksalat, asam sitrat dan asam malonat. Keren banget kan namanya.

Kedondong juga mengandung rasa manis loooh,,, tapi karena kandungan asam pada buah itu lebih tinggi dari pada rasa manis, makanya menyebabkan rasa manisnya kalah dan memilih mundur sehingga rasa asam pada buah menjadi pemenangnya… contohnya buah mangga, rasanya memang asem, tapi ada manisnya juga kan, buah jeruk Pontianak (jeruk tebas), rasanya manis kan,, tapi ada rasa asam juga kan. Berarti kandungan rasa asam dan manisnya berbagi persentase kayak pada jeruk 70% manis 30% asam, kalau pada mangga 60% asam dan 40% manis… ya mungkin kira-kira begitu lah

Buah-buahan yang kita makan memang banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh, seperi : vitamin, air, mineral, potassium, karbohidrat (gula), dan asam…. Sehingga baik untuk tubuh, juga zat tersebut mempengaruhi rasa dari buah itu sendiri.

Buah yang rasanya manis seperti buah pisang, rasanya enak banget kan,, manis kan?... buah yang rasanya manis seperti pisang itu memiliki kandungan karbohidrat ataupun kandungan gula yang lebih banyak dibanding kandungan yang lainnya,,, sehingga rasa manisnya lebih terasa di lidah.

Tapi tunggu dulu… nggak semua pisang rasanya manis… contohnya aja pisang yang belum matang, ,, pisang yang masih muda.. pernah nyoba nggak??? rasanya kesat2 pahit gitu loooh…. Kebanyakan buah yang masih mentah emang begitu,,,, buah yang rasanya kesat2 pahit itu, mengandung zat yang namanya Tanin lebih tinggi,, makanya rasanya kesat dan pahit banget….
Kebanyakan buah yang masih mentah memang memiliki kadar asam dan tanin lebih banyak dari gulanya… namun dengan berjalannya waktu,,,menjadikan buah menjadi lebih matang sehingga kandungan asam dan taninnya berkurang kemudian rasa  yang mendominasinya adalah gula yang menjadikan rasanya terasa manis. artinyaaaa buah itu pun siap panen dan siap makan….. 

kadang juga ada buah yang udh siap panen tapi rasanya hambar... kayak buah jeruk pontianak (jeruk tebas) rasa hambar itu sendiri disebabkan kandungan air dalam buah tersebut lebih banyak dibanding kadar karbohidrat (gula) yang menjadikan buah tersebut rasanya tidak manis dan lebih banyak air, jadinya hambar deh.... nggak enak

ya udah ahhhh..... yuuk kita makannn buahhhh biar sehat
Share To:

Basendra Samsul

Post A Comment:

0 comments so far,add yours