Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin. Seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut “hepatitis akut”, sedangkan hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut “hepatitis kronis”.

Hepatitis bisa terjadi karena infeksi virus, misalnya virus mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Hepatitis juga bisa disebabkan oleh non-virus, biasanya yang utama adalah alkohol dan obat-obatan. Virus utama dari penyakit hepatitis ini yaitu A, B, C, D, atau E. Salah satu dari kelima virus hepatitis ini biasanya menyerang seseorang (manusia).

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai penyakit hepatitis dan penyebabnya. Bertolak belakang dengan keadaan Anto yang mengalami penyakit hepatitis atau sakit kuning. Kalau bicara alkohol, menurut Anto ia tidak pernah sama sekali menyentuh barang tersebut apalagi untuk meminumnya, begitu juga dengan obat-obatan yang terlarang.

Menurut Anto, jika ia terkena virus hepatitis siapa yang telah menularkannya? Semua keluarganya sehat-sehat belaka, dan jika disebabkan oleh keturunan atau gen, itu tidak mungkin, imbuhnya.

Setelah diperiksa oleh seorang mantri (Amat, bukan nama sebenarnya red) di Kecamatan Tebas, hati Anto telah rusak, kata Mantri tersebut. Hati Anto rusak karena kekurangan zat gula. Mengapa Anto bisa kekurangan zat gula? Karena Anto tidak pernah minum air gula, air kopi, air coklat, air teh, apalagi air susu. 

Mengetahui tentang penyakitnya, dan ia telah divonis mengidap penyakit hepatitis kronis yang sudah lama dideritanya, ia nekad makan kutu kepala demi kesembuhan dan masa depannya. Karena juga kepercayaan masyarakat setempat, yang sangat meyakini jika seseorang mengalami sakit kuning (Hepatitis) maka ia harus makan kutu. kepercayaan ini sangat mensugesti anto untuk nekat memakan kutu kepala orang, Hal ini memang terdengar sangat menjijikan.

 Selang beberapa hari dengan kontinyu makan kutu kepala adik perempuannya, Antopun sembuh dari sakit hepatitisnya, disamping itu juga Anto membiasakan diri untuk minum air gula dan air susu. Sedangkan air kopi, coklat atau teh, tidak pernah dikonsumsi oleh Anto. Baca Kisah perjuangan anto melawan Hepatitis selengkapnya disini

begitu perih kisah Hidup seorang anto, karena keterbatasan ekonomi ia nekat melakukan apa saja demi kesembuhannya Setelah sembuh dari Hepatitis, tak berapa lama kemudian ia menderita TUBERCULOSIS (TBC), Obat Nekad dan menjijikan apa lagi yang di konsumsi anto, baca selengkapnya disini

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours