Danau Sebedang satu-satunya danau tempat rekreasi di Kabupaten Sambas, Kecamatan Sebawi, sekitar 6 km dari Kecamatan Tebas dan 10 km dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sambas. Danau Sebedang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, khususnya pada hari Minggu atau pada hari-hari besar nasional, apalagi pada saat hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. 
pintu gerbang danau sebedang
Danau Sebedang yang dikelilingi oleh perbukitan menambah keindahan danau tersebut, dengan dua bukit yang berukurab besar, yaitu bukit Sebedang dan bukit Sappok (atau gunung Sappok) serta tiga buah bukit yang berukuran kecil. Di atas bukit masih banyak tumbuh pohon-pohon yang tinggi dan rindang menjulang, serta banyak sekali kuburan-kuburan orang Cina yang tersusun dengan rapi menambah keindahan bukit Sebedang dan bukit Sappok.
Cafe tepian danau
sumber foto : equatoronline.blogspot.com
Kedalaman danau Sebedang diperkirakan 150 meter, dengan panjang 1000 meter serta lebar 250 meter. Air danau sebedang sangat jernih dan segar. Anak-anak remaja apabila libur sekolh banyak yang mandi di danau. Biaya masuk ke danau sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 3.000,00 untuk perorang dan 1 motor. Namun apabila ada artis dari ibu kota yang lagi show, maka harga karcis anak naik dari Rp. 15.000,00 sampai dengan Rp. 20.000,00. 
keindahan danau sebedang
sumber foto : wisatanesia.com
Di lokasi danau Sebedang juga menyediakan beberapa fasilitas, misalnya cafe ples karaoke, kantin lesehan, mushola, losmen, ada juga pelampung buat mandi di danau, kolam ikan buat mancing atau oleh-oleh, serta outbone bagi anak-anak pramuka atau PMR, dan lain-lainnya.

Danau Sebedang masih belum dimanfaat dengan maksimal seperti taman rekreasi yang ada di ibu kota (Jakarta atau Bali). Pengelolaan danau Sebedang hanya dengan swadaya dari masyarakat atau pengusaha lokal. Dan pula air danau Sebedang ini dimanfatkan sebagai sumber PDAM untuk masyarakat  Kabupaten Sambas khususnya 4 kecamatan yaitu Kecamatan Tebas, Kecamatan Semparuk, Kecamatan Sebawi, dan Kecamatan Sambas.

Jika anda pergi ke Sambas jangan lupa untuk singgah (mampir) di Danau Sebedang untuk menghilangkan penat lelah setelah melakukan perjalanan atau pekerjaan. Sambil santai ditepian danau, atau memancing ikan, serta menikmati keindahan alam yang masih asri.

  

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

2 comments so far,Add yours

  1. Maaf Sob, itu mungkin maksudnya 6 km dari Kecamatan Tebas dan 10 km dari pusat ibu Kota Kabupaten Smabas kali ya ? Maaf jika saya salah, mohon dikoreksi.

    Tempat yang indah dan masih terlihat asri dengan pemandangannya yang segar dimata.

    Salam wisata

    BalasHapus
  2. heheheeee.... iya sob,,, terima kasih koreksinya... akan segera kami edit....
    ^_^

    BalasHapus