sumber foto : rhiconan.blogspot.com
Singkawang sangat kaya akan tempat wisata, seakan-akan Tuhan menganugrahkan kekayaan ke Kota Singkawang dengan tempat rekrasi. Tempat-tempat wisata itu diantaranya Sinka Island Park “Rindu Alam”, Taman Pasir Panjang Indah, Danau Serantangan, Hang Mui, Teluk Karang, Eria Wisma Pahat, Bukit Bougenville, Taman Teratai Indah, Batu Belimbing, Air Terjun Sibohe, Gunung Roban, Gunung Sari, Gunung Bagak Sahwa, Taman Burung (TB), Water Front, Taman Gayung Bersambut (GB), Air Terjun Sariung, dan adalagi yaitu “Danau Biru”.

Mengapa danau biru disebut Danau Biru? Karena danau ini (Danau Biru) mempunyai air yang berwarna biru. Danau Biru adalah salah satu tempat wisata di Kota Singkawang yang lumayan menarik dan eksotis.
Menurut penduduk setempat, banyak anak-anak muda yang berkunjung ke Danau Biru pada saat sore hari sambil menikmati matahari tenggelam. Penduduk setempat juga sering ke danau tersebut untuk mandi dan berenang khususnya anak-anak.
sumber foto : kfk.kompas.com

Lokasi Danau Biru ini dari pusat psat Kota Singkawang kurang lebih 6 km. Jika ingin ke Danau Biru bisa mnggunakan sepeda motor ataupun mobil sekitar 30 menit bisa sampai ke Danau Biru dari Pusat Kota Singkawang. Jika dari Roban, lewat jalan Veteran masuk Wonosari kemudian melewati SMP Negeri 13 Singkawang serta BTN, kemudian melewati TPS (Tempat Pembuangan Sampah).

Jika ingin ke Danau Biru tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, biaya yang digunakan kurang lebih Rp. 2.000,00 sampai dengan Rp.5.000,00. bensin 1 liter juga cukup, dan uang parkir sekitar Rp. 2.000,00 (dua ribu rupiah).
sumber foto : donnyapriansyah.blogspot.com
 
Dari sini (Danau Biru) anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat natural, indah dengan langit yang membiru (Lazuardi) dan air yang biru pula. Padang rumput yang menghijau, kebun sawit yang rindang dan tertata dengan rapi, pegunungan yang hijau, padang pasir yang bergunduk-gunduk, bebatuan yang terbentuk oleh air hujan, dan lain-lainnya.

Danau yang airnya bewarna biru sebenarnya merupakan bekas tambang emas illegal beberapa tahun yang lalu. Sekarang tempat ini tidak lagi diusahakan dan berubah menjadi danau yang airnya biru. Sebenarnya semua itu dampak dari kerusakan alam yang menghasilkan pemandangan yang indah.

Selamat datang ke danau Biru.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours