Usman Jama'ah Tablig

Usman adalah salah satu anggota Jama’ah Tablig dari pulau Jawa, yaitu dari Jakarta Selatan. Mereka tiba di Kalimantan Barat Pontianak 15 hari yang lalu, dan tiba di Singkawang baru 3 hari, yaitu hari Sabtu tanggal 11 Mei 2013. Mereka singgah di Masjid At-Taqwa Sekip Lama Kecamatan Singkawang Tengah.

Jamaah Tablig yang berasal dari Pulau Jawa ini berjumlah 15 orang yang diketuai oleh seorang ustadz yang bernama Ustadz Rusdi. Mereka semua berasal dari Jakarta Selatan, berdekatan dengan Kampus UIN (Universitas Islam Negeri). Usman ini sudah berumah tangga mempunyai satu orang anak berusia 8 tahun dan duduk di kelas dua sekolah dasar di Jakarta Selatan.

Menurut Usman, mereka berasal dari Pondok Pesantren Keranji yang dipimpin oleh seorang Kyai bernama Ustazd Najib. Ustadz Najib ini, sering ke Kalimantan khususnya ke Singkawang, tambah ustazd Rusdi. Mereka keluar untuk mensyiarkan ajaran Islam diera modern ini selama 40 hari.  

Tidak terbayang oleh kita, berapa banyak mereka membawa uang dalam waktu yang cukup lama tersebut. Dan berapa pula mereka meninggalkan uang buat anak dan istrinya? Mungkin kita mengira, bahwa mereka membawa uang sebanyak 4-5 juta untuk 40 hari, akan tetapi tidak seperti itu. Usman misalnya, ia hanya membawa uang sebanyak Rp. 300.000,00, buat 40 hari. Usman menambahkan, jika ada temannya yang membawa uang Rp. 1,5 juta, itu sudah lebih dari cukup. Semua itu termasuk dalam posisi aman. Kadang-kadang mereka hanya membawa di bawah 1 juta berkisar dari Rp. 700.000,00 sampai dengan Rp. 900.000,00. hebat bukan...? untuk makan dan jalan selama 40 hari hanya 1 juta rupiah dari jawa ke Kalimantan Barat (Pontianak-Pinyuh-Mempawah-Singkawang dan Sambas), setelah itu baru merka pulang ke Jawa.

Mungkin anda tidak tahu, seorang pelancong lokal pergi ke Jawa selama 1 minggu membawa uang 5 juta rupiah. Pesawat bolak-balik, makan-minum, berak-kencing, tidur di hotel, beli baju, sepatu, dan lain-lain. Dan bahkan 5 juta tadi tidak cukup, bahkan bisa-bisa 10 juta rupiah.

Barang siapa keluar di jalan Allah dan menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongnya dan memudahkan ia masuk sorga. Dan semoga apa yang telah jamaah lakukan, diganjar oleh Allah dengan pahala yang sebesar-besarnya, dan semoga mereka, serta ahli keluarganya selalu dilindungi oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Amin...

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours