Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak stero (waxy steroid). Kolesterol ditemukan pada membrane sel dan sirkulasi dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Adapula pendapat lain yang mengatakan kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid, steroid ialah lipid yang memeliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri dari atas empat cincin ataom karbon.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan factor utama untuk menghindari dari hal ini. Akan tetapi tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolesterol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk, sedangkan jenis kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin. Apabila kita mengkonsultasikan permasalahan kolesterol kepada dokter, maka dokterpun akan menyarankan untuk mengkonsumsi bekatul, karena bekatul sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol.

Apabila seseorang kadar kolesterolnya sudah tinggi, maka pola makan harus diatur. Makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi adalah: Jelly Gamat Gold-G merupakan solusi paling tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi karena terbuat dari 100% bahan herbal alami tanpa kandungan bahan kimia sedikitpun.

Cara lain untuk menurunkan kolesterol adalah dengan diet. Diet merupakan upaya pertama dan utama menanggulangi tingginya kadar lemak darah. Kemudian olahraga yang teratur, olahraga yang teratur dapat juga untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Jika upaya ini gagal, barulah memakai obat-obatan herbal atau medis sesuai dengan anjuran dari dokter. Biasanya obat penurun kolesterol yang dokter sarankan adalah Hipolipidemik. Akan tetapi mahalnya obat tersebut membuat pasien menjadi pasrah dengan kolesterol yang menghinggapinya.

Kolesterol telah diketahui sebagai penyebab utama terjadinya aterosklerosis, yaitu proses pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Akibat proses ini saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Keadaan ini akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner (PJK).

Untuk menurunkan klesterol yang perlu dilakukan selain di atas, adalah mengkonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi dengan bahan-bahan alami. Makanan penurun kolesterol tinggi adalah susunan hidangan sehari-hari sesuai dengan gizi yang seimbang dengan mengutamakan sayuran dan buah yang banyak mengandung serat. Kurangi mengkunsumsi garam dan gula serta lemak, dan pilih yang tidak jenuh. Batasi pula konsumsi lemak jenuh trans yang ada dalam daging. Pastry, dan lain-lainnya.

Jika anda setelah diagnosa oleh dokter terkena kolesterol Trigliserida, dibawah ini akan dipaparkan makanan untuk menurunkan kolesterol Trigliserida tersebut. Sebelumnya kolesterol Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat dalam darah dan merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi dan masuk ke tubuh serta juga dibentuk di hati.

Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis-jenis lemak dasar dalam tubuh manusia dan bersikulasi dalam aliran darah. Ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida, diantaranya adalah:
1.            Minyak Zaitun: karena minyak Zaitun kaya akan asam lemak dan tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol.
2.            Biji-bijian: biji-bijian termasuk di dalamnya kedelai, lentil, dan sebagainya yang mengandung serat yang tinggi. Biji-bijian pada umumnya rendah akan lemak, jadi dapat dikunsumsi dengan aman.
3.            Kacang-kacangan: jenis kacang yang dapat dikonsumsi adalah kacang almond dan kacang lainnya yang dapat menurunkan kolesterol. Kenari dengan kandungan asam lemak tak jenuh dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Jika anda mengkonsumsi kacanga-kacangan 43.5 gr, dapat membantu menurunkan resiko penyakit janung asal kacang-kacangan itu jangan diberi gula atau garam.
4.            Buah dan sayur: terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang tinggi adalah pilihan baik untuk diet kolesterol. Buah dan sayur yang banyak menangandung vitamin C antara lain: jenis bery (strawberry, cranberry, blackberry, dan lainya), jeruk, anggur, mangga, brokoli, dan jambu.
5.            Makanan beromega 3 dan ikan: makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, tuna, dan sardine. Lebih baik ikan-ikan tersebut dibakar, jangan digoreng. Sumber omega 3 yang lainnya adalah minyak canola yang dapat dibeli di supermarket.

“Selamat mencoba, semoga anda cepat sembuh”
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours