Mandau berasal dari asal kata “MAn-Da-U” adalah nama seseorang yang datang ke Pulau Kalimantan yaitu dari suku kuno China “Namman” atau Barbar Selatan. Man Da U adalah nama seseorang yang pertama membuat bentuk senjata pedang yang menyerupai bentuk bilah pedang atau parang (mandau saat ini).

Pemilik Mandau

Mandau adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau termasuk salah satu senjata tradisional Indonesia. Berbeda dengan parang, mandau memiliki ukiran-ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah mandau.
Pak Pordi memiliki sebilah Mandau kepunyaan Panglima Dayak yang berasal dari Kalimantan Barat. Pak Pordi mendapatkan mandau tersebut dari seorang haji yang bernama H. Jailani yang berasal dari desa tetangga. Menurut Pak Pordi bahwa mandau itu diberikan oleh Panglima Dayak Kalimantan Barat kepada Pak Haji Jailani. Pak H. Jailani memberikan mandau itu kepada Pak Pordi sekitar setahun lalu dirumahnya yang bertepatan dengan hari Jum’at kliwon.
Setelah memiliki mandau tersebut, Pak Pordi bermimpi didatangi oleh seseorang yang bertubuh cebol bermuka rontek seperti tuyul. Makhluk itu mengatakan kepadanya bahwa ia adalah makhluk penunggu mandau tersebut. Pak Pordi berniat ingin menjual mandau tersebut dengan mahar (tidak bisa disebutkan karena besi, pantang menurut kebiasaan budaya Sambas), jika ada yang berminat dapat langsung menghubungi kami.
Tunggu apa lagi, jangan tunggu sampai esok... pencet telpon atau Hp Anda dapat menghubungi kami di 085246646806, kami siap membantu ANDA....


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours