Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi (tambang) yang banyak digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Dalam ilmu Fisika (table periodik) besi mempunyai simbol Fe dan nomor atom 26 (dua pulu enam). Besi juga mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.


 Besi adalah logam yang paling banyak dan paling beragam penggunaannya. Hal itu dikarenakan beberapa hal, diantaranya:
1.      kelimpahan besi di kulit bumi cukup besar.
2.      pengolahannya relative mudah dan murah.
3.      besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan dan mudah dimodifikasi.
4.      besi bias awet dan tahan lama walau sedikit berkarat.

Dengan adanya 4 faktor keistimewaan daripada besi, kami juga mempunyai sebuah besi yang sudah ngeramat. Besi itu adalah sebuah tombak tua yang sudah agak berkarat. Besi tombak itu sudah berusia 120 tahun pada zaman Kesultanan Sambas. Besi tua berbentuk tombak ini dimiliki oleh Bapak Pordi pada tahun 1990. ia mendapatkan besi tua ini dari seorang kakek-kakek yang berusia 73 tahun.
Besi tua atau “besi keramat tua berbentuk tombak” berukuran panjang 20 cm, dan lebar 3 cm. Sedangkan ulu dan sarung pada tombak itu terbuat dari kayu galing dari Desa Galing desa tertua di hulu Kabupaten Sambas.
Besi tua “besi keramat tua berbentuk tombak” rencana oleh pemiliknya akan dijual dengan mahar (tidak bisa disebutkan karena besi, pantang menurut kebiasaan budaya Sambas), jika ada yang berminat dapat langsung menghubungi kami.

Tunggu apa lagi, jangan tunggu sampai esok... pencet telpon atau Hp Anda dapat menghubungi kami di 085246646806
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours